Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Prof Mohammad Nasih, Rektor Unair
Persaingan Ketat, Kuota SNMPTN Dialihkan Ke Jalur Mandiri
Sabtu, 16-01-2016 | 18:13 wib
Oleh : Yusmana Windarto
pojokpitu.com, Tahun ini, pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri dari berbagai jalur cukup ketat. Bahkan kuota masuk jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMBTN) dialihkan. Upaya ini dilakukan untuk memberi kesempatan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) untuk melakukan proses seleksi calon mahasiswa baru.

Pendaftaran SNMPTN segera dibuka Februari mendatang, akan berubah. Sebelumnya, kuota SNMPTN  adalah sebesar 50 persen, ungkap Prof Nasih, Rektor Unair.
 
Tahun ini, alokasi daya tampung melalui jalur SNMPTN dialihkan menjadi 40 persen untuk setiap program studi.
 
Sisa kuota 10 persen dari SNMPTN ini ditambahkan ke jalur mandiri menjadi 30 persen. Sebelumnya, kuota jalur mandiri yang diberi daya tampung sebesar 20 persen.
 
Untuk kuota seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri atau SBMPTN diberi 30 persen, yang sebelumnya hanya 20 persen. Pengalihan kuota jalur SNMPT ini merupakan salah satu bentuk otonomi kepada perguruan tinggi negeri, atas hak dalam menyeleksi calon mahasiswa baru atau Camaba lewat jalur mandiri.
 
Tak hanya itu, untuk masuk perguruan tinggi melalui SNMPTN juga melihat akreditasi sekolah calon mahasiswa baru.Sseleksi tersebut dipertimbangkan melalui kuota terbanyak untuk camaba dari lulusan sekolah yang berakreditasi A yaitu sebanyak 75 persen.(end)

Berita Terkait


Persaingan Ketat, Kuota SNMPTN Dialihkan Ke Jalur Mandiri

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('4677929','2018-04-20','06:13:50','21530','Persaingan Ketat, Kuota SNMPTN Dialihkan Ke Jalur Mandiri','54.198.122.70','1','desktop')