Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Dua ekor elang hitam endemik Pulau Jawa
BBKSDA Jatim Terima Burung Elang Langkah dari Masyarakat
Minggu, 10-01-2016 | 16:54 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jatim di jalan kutisari selatan surabaya. Minggu siang (10/1) menerima beberapa satwa langka dan dilindungi yaitu jenis burung elang hitam, elang laut dan burung kakatua jambul kuning dari warga. Burung - burung ini akan dilepas ke habitat aslinya untuk menjaga dari kepunahan.

Burung - burung langka yang hampir punah dan dilindungi ini ditempatkan di kandang milik BBKSDA Jatim. Dua ekor elang hitam endemik Pulau Jawa ini sebelumnya sempat dipelihara oleh masyarakat di rumah . 

Selain dua ekor elang hitam, juga terdapat burung muara rangkong asal Sulawesi, elang laut dan tiga burung kakak tua jambul kuning. Burung ini diserahkan dari masyarakat ke BBKSDA, karena saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan satwa yang dilindungi tidak boleh dipelihara di rumah, karena jenis burung ini sudah mulai jarang dan hampir punah. 

Indri Maulinda, Kepala BBKSDA, mengatakan, burung langka hasil penyerahan dari warga ini selanjutnya masih akan dikarantina oleh petugas, sebelum dilepas ke alam liar atau  habitat aslinya. Pasalnya, burung yang sudah lama dipelihara warga ini, jika langsung dilepas, dikhawatirkan akan mati karena tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan sebelumnya .

Sebelumnya,  BBKSDA Jatim juga sudah melakukan upaya pengembalian ratusan satwa liar tidak dilindungi untuk menjaga ekosistem ke Kalimantan Timur pada 5 Desember lalu, berupa beo, murai batu, branjangan Jawa, kacer, dan cucak ijo. (end)

Berita Terkait


Kandang Transit Satwa BBKSDA Tidak Layak, Kondisi Hewan Memprihatinkan

BBKSDA Jatim Terima Burung Elang Langkah dari Masyarakat


BBKSDA Ajak Pelajar Melepasliarkan Elang Jawa

BBKSDA Jatim Terima Burung Elang Langkah dari Masyarakat

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber