Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Mlaku - Mlaku 

Bangun 300 Rumah Majapahit, Trowulan Jadi Destinasi Wisata Budaya
Kamis, 07-01-2016 | 07:31
Oleh : Taufiq Lubis
Mojokerto pojokpitu.com, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan seriusi pembangunan rumah Majapahit, untuk menjadikan Trowulan menjadi destinasi wisata budaya unggulan. Selain menyiapkan anggaran hingga mencapai puluhan milliar rupiah, Pemprov Jatim juga akan mengebut penyelesaian pembangunan 300 rumah Majapahit.

Untuk mempersiapkan rencana itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo Rabu (6/1/2016) mengunjungi hasil pembangunan rumah-rumah Majapahit yang berada di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Desa Bejijong merupakan salah satu dari tiga desa di Kecamatan Trowulan yang dijadikan sebagai desa percontohan pembangunan rumah Majapahit.  

Untuk itu Pemprov Jatim semakin serius dalam pembangunan rumah-rumah Majapahit yang hingga akhir tahun 2015 lalu telah mencapai 291 unit. Sementara tahun ini akan dibangun sebanyak 300 unit rumah dengan anggaran milliar rupiah.

Menurut Soekarwo, pembangunan rumah-rumah Majaphit ini untuk menjadikan kawasan yang dikenal dengan situs peninggalan bersejarah Kerajaan Majapahit sebagai destinasi wisata budaya unggulan Jatim.  

Meski saat ini rumah-rumah Majapahit banyak dimanfaatkan oleh warga pemilik rumah tersebut sebagai tempat berdagang sembako, namun nantinya rumah Majapahit itu akan difungsikan sebagai tempat memperkenalkan seluruh kerajinan asli Trowulan seperti patung dan batik Surya Majapahit.  

Pemprov Jatim meminta Pemkab Mojokerto untuk mendukung program destinasi wisata budaya ini dengan member pelatihan maupun pembinaan kepada warga.

Sehingga wisatawan semakin tertarik untuk mengunjungi rumah-rumah Majapahit, maupun situs-situs peninggalan bersejarah Kerajaan Majapahit. (mud)   

Berita Terkait


Bangun 300 Rumah Majapahit, Trowulan Jadi Destinasi Wisata Budaya

Bangun Rumah Majapahit, Pemprov Jatim Gerojok Anggaran 6 M

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1089137','2017-11-19','23:12:58','21113','Bangun 300 Rumah Majapahit, Trowulan Jadi Destinasi Wisata Budaya','54.80.227.189','1','desktop')