Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Kampung Pia Menuai Berkah Maulud Nabi
Selasa, 05-01-2016 | 11:09 wib
Oleh : Anas Muslimin
Pasuruan pojokpitu.com, Memasuki bulan Maulud Nabi Muhammad SAW, berkah mulai dirasakan pengusaha kue kering Pia asal Pasuruan. Sebab, pesanan untuk hajatan pengantin mulai membludak. Agar tidak membosankan, mereka pun menambah variasi isi coklat, pisang dan keju, selain original kacang hijau.

Desa Warurejo Kecamatan Gempol Pasuruan sudah beberapa tahun terakhir dikenal dengan sebutan Kampung Pia. Pasalnya penghasilan sebagian warga adalah produsen kue kering Pia.  

Pada musim hajatan seperti pernikahan dan khitanan, banyak warga yang memesan dalam jumlah besar. Seperti yang terlihat kesibukan salah satu pembuat kue pia ini.

Demi untuk memenuhi pesanan pelanggannya, mereka harus lembur tiap harinya.  

Bahkan untuk mencapai target, pengusahan makanan ringan ini harus memperkerjakan warga sekitar.
 

Proses pembuatan kue ini tergolong mudah. Setelah adonan tepung dan telur jadi satu, barulah potongan adonan diisi sesuai dengan varian isi yang telah dibuatnya. Selanjutnya kue dioven.

Agung Wicaksono, salah satu pengusaha Pia menjelaskan, dalam sehari kebutuhan tepung pembuat kue mencapai 500 kilogram. Hal ini meningkat 5 kali lipat dari hari biasa, yang hanya 100 kilogram saja.  

Setiap harinya dia bisa memproduksi 50 ribu biji kue pia yang dikirim ke berbagai daerah.  

Harga Pia ini tergolong murah. Misalnya, untuk pia original dengan isi 12 biji dibandrol Rp. 8 ribu. Sedangkan varian isi coklat, pisang, keju dan pisang coklat dibandrol  Rp. 20 ribu. (mud)
 

Berita Terkait


Kampung Pia Menuai Berkah Maulud Nabi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber