Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

ulat jati serbu pemukiman penduduk- Khusni Mobarok
Ulat Serbu Pemukiman Penduduk. Rumah Warga Dipenuhi Ribuan Ulat
Rabu, 30-12-2015 | 10:57 wib
Oleh : Khusni Mubarok.
Tuban pojokpitu.com, Ribuan ulat pohon jati menyerbu pemukiman penduduk di kawasan perbukitan kapur tuban. Tak hanya bergerombol di batang pohon, ribuan hewan melata tersebut juga berkeliaran masuk rumah-rumah warga. Akibatnya warga resah dan harus membersihkan rumah berkali-kali.

Pemandangan berbeda terlihat di rumah-rumah warga Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Sejak dua hari terakhir, pemukiman di kawasan perbukitan kapur ini kedatangan ribuan ulat pohon jati.

Tak hanya hidup di pepohonan, hewan melata ini juga berkeliaran dan bergerombol di bangunan rumah warga. Akibatnya seluruh bagian rumah, baik tembok dan lantai dipenuhi ulat. Bahkan beberapa diantaranya bergelantungan di atap, sehingga membuat ruangan terkesan sangat kotor.
Ulat berwarna hitam ini diketahui muncul sejak dua hari lalu. Awalnya ulat bergerombol di pohon-pohon dan memakan daun pohon jati. Jumlah ulat semakin banyak, terlebih burung yang menjadi predatornya telah hilang, karena banyak diburu.

ulat inipun kemudian berkeliaran hingga masuk rumah-rumah warga.kondisi ini membuat warga resah. Meski ulat ini tidak gatal, namun mereka merasa geli dengan keberadaannya. Banyaknya jumlah ulat juga membuat warga harus berulang kali membersihkan rumah.

Ulat pohon jati seperti ini sebenarnya rutin muncul setiap awal musim hujan. Namun fenomena ulat sampai menyerbu pemukiman pendudukn baru kali ini terjadi. Kondisi ini terjadi hampir merata di seluruh wilayah kabupaten Tuban, khususnya yang berada di sekitar hutan jati.
Biasanya ulat pohon jati akan bertahan selama lima sampai tujuh hari. Ulat kemudian akan berubah menjadi kepompong, lalu menjadi kupu-kupu.[mba]




Berita Terkait


Ulat Serbu Pemukiman Penduduk. Rumah Warga Dipenuhi Ribuan Ulat


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber