Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Satu rumah roboh, puluhan lainnya rusak berat dan ringan akibat diterjang angin puting beliung yang melanda kawasan desa Ngadirejo kecamatan Widang kabupaten Tuban bulan Pebruari lalu. Foto Dok pojokpitu.com
5 Kecamatan Tuban Rawan Bencana Puting Beliung
Selasa, 29-12-2015 | 07:06 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tuban, menetapkan lima kecamatan sebagai daerah rawan bencana angin puting beliung.


Lima kecamatan tersebut, adalah Grabagan, Montong, Semanding, Palang, dan Kerek. Lima wilayah ini dianggap paling rawan karena secara geografis berada di wilayah perbukitan kapur utara, yang tinggi. Selain itu, juga tidak memiliki cukup banyak pepohonan akibat aktifitas penggundulan hutan di sekitarnya.
 
Dalam dua pekan terakhir, angin puting beliung melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Tuban. Salah satunya Desa Banyubang, Kecamatan Grabagan, yang meruntuhkan lima rumah dan merusak puluhan lainnya.
 
Plt Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono, menyatakan, dampak peralihan musim kemarau ke musim hujan, menyebabkan beberapa daerah di Tuban, menjadi daerah yang cukup rawan terhadap bencana angin puting beliung.
 
Hasil pemetaan yang dilakukan pihaknya menetapakan bahwa daerah - daerah yang secara geografis berada di wilayah perbukitan kapur utara paling rentan. Selain letaknya yang tinggi, juga lebih di sebabkan minimnya pepohonan di sekitarnya akibat aktifitas penggundulan hutan.

"Parahnya, pemukiman masyarakat di wilayah tersebut, sebagian besar juga masih berupa bangunan semi permanen yang rawan roboh, jika diterjang angin. Untuk itu, pihaknya meminta kepada warga masyarakat untuk tanggap dan selalu siaga dan waspada, terutama pada peralihan musim seperti sekarang ini," kata Joko

Menurut Joko, dalam dua pekan terakhir, telah terjadi beberapa kali bencana angin putting beliung di lima wilayah tersebut. Kerugian akibat bencana itu, ditaksir telah mencapai Rp  375 juta , dan melukai seorang warga. (pul)


Berita Terkait


5 Kecamatan Tuban Rawan Bencana Puting Beliung


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber