Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Menristekdikti, Mohammad Nasir
Ijin 11 PTS Dicabut, Ijazah Tidak Berlaku Untuk Daftar PNS
Minggu, 27-12-2015 | 16:37 wib
Oleh : Ahmad Sahrun Nizam
pojokpitu.com, Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah menurunkan jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) yang dinonaktifkan. Dari 243 PTS bermasalah, kini tinggal 51 PTS yang bermasalah.

Dari 51 PTS bermasalah tersebut, sebanyak 11 PTS ijinnya resmi dicabut. Ijasah yang dikeluarkan ke 11 PTS tersebut,  tidak berlaku dan tidak bisa digunakan untuk melamar sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Hal itu disampaikan Menristekdikti, Mohammad Nasir, usai memberikan kuliah umum peran PTS menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), di Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Minggu siang (27/12).
 
Dikatakan, dari 243 perguruan tinggi yang masih berstatus nonaktif pada bulan lalu, pada Desember ini telah berkurang menjadi 52 PTS. 10 PTS proses pembinaan sampai akhir tahun 2015, sedang 11 PTS ijinnya resmi dicabut.  Bagi PTS yang ijinnya dicabut, ijasah yang dikeluarkan tidak berlaku,  termasuk untuk melamar pegawai negeri sipil.
 
Sampai saat ini, Kemenristek juga masih melakukan pembinaan pada 30 PTS yang konflik dengan yayasan. Ke 30 PTS ini masih dalam proses hukum di pengadilan. Pihaknya belum mengumumkan 11 PTS yang ijinnya resmi dicabut.
 
Kemenristekdikti terus memantau kualitas dan kompetensi perguruan tinggi di Indonesia. Menghadapi MEA, negara - negara seperti Malaysia dan Singapura bisa jadi akan membuka perguruan tinggi di Indonesia. (end)


Berita Terkait


Ijin 11 PTS Dicabut, Ijazah Tidak Berlaku Untuk Daftar PNS


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber