Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

E-Leraning, Solusi Tenaga Medis Di Daerah Tertinggal
Senin, 19-01-2015 | 12:15 wib
Oleh : Pulung Aji
Surabaya pojokpitu.com, Di beberapa negara tertinggal, masalah kesehatan masih menjadi masalah terbesar. Hal ini tidak terlepas dari terbatasnya tenaga kerja di daerah-daerah tersebut. Oleh karena itu WHO sebagai organisasi terbesar kesehatan dunia mengatakan jika e-learning bisa menjadi solusi tenaga medis di daerah tertinggal.

Jusip Car dari Imperial College London melakukan penelitian lanjut yang mengedepankan sistem pembelajaran secara online melalui internet. Hal itu di sebabkan karena masih banyak negara yang kesulitan untuk mencetak tenaga kesehatan.

Sarana penunjang seperti komputer dan akses internet masih jadi masalah utama. Kebanyakan daerah kurang mampu sangat terpencil sehingga tak mendapat sinyal. Ada juga beberapa negara berkembang, komputer dan internet hanya ada di kota kota besar atau ibu kota negara.

WHO mengatakan permasalahan ini bisa di atasi dengan pembelajaran secara offline. Dalam artian, materi pembelajaran di berikan melalui berbagai format video.  E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang di lakukan di media elektronik, baik secara formal maupun informal, e-learning secara formal. Misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan di susun berdasarkan jadwal yang telah di sepakati pihak-pihak terkait.

Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan di wajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang di kelola oleh universitas dan perusahaan perusahaan yang memang bergerak di bidang penyediaan jasa e-learning untuk umum. E-learning saat ini tengah di proses agar menjadi solusi kesehatan di beberapa negara. Khususnya negara-negara yang memiliki daerah tertinggal yang kekurangan tenaga medis. e-learning di harapkan bisa menambah tenaga-tenaga medis yang mampu mengatasi beberapa  masalah kesehatan di daerah tertinggal.(pul)



Berita Terkait


Dosen Ciptakan Aplikasi e-Learning Berdasarkan Kepribadian

E-Leraning, Solusi Tenaga Medis Di Daerah Tertinggal

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber