Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Warga menangkap ikan mabuk.
Asyik . . Ayo, Tangkap Ikan Mabuk
Kamis, 10-12-2015 | 20:53 wib
Oleh : Shohibul Umam
Bojonegoro pojokpitu.com, Meningkatnya debit air Sungai Bengawan Solo di Kabupaten Bojonegoro, menjadikan ikan di sungai terpanjang di Pulau Jawa tersebut mabuk. Fenomena tahunan seperti ini dimanfaatkan warga bantaran, untuk mengambil ikan yang mabuk di pinggir sungai.

Dengan peralatan seadanya, berupa jaring dan tas kresek, ratusan warga bantaran Sungai Bengawan Solo di Kabuptaen Bojonegoro, tumpah ruah untuk tidak melewatkan momen munggut, atau ikan mabuk. Momen seperti ini tidak terjadi setiap hari. Namun momen munggut seperti ini hanya terjadi, ketika debit air Bengawan Solo mulai meningkat, yang menyebabkan ikan di Sungai Bengawan Solo menjadi mabuk.
 
Seperti halnya di Kelurahan Ledok Kulon Kecamatan Kota Bojonegoro, mereka bersama keluarganya, tumpah ruah di pinggir Bengawan, untuk mengambil ikan maupun udang yang mabuk dan menepi di pinggir sungai. Banyak cara yang dilakukan warga untuk mengambil ikan maupun udang yang sedang mabuk. Banyak dari mereka yang hanya berbekal tangan kosong, mengambil ikan maupun udang yang telah mabuk. Sementara ada juga yang menggunakan jaring atau seser kecil, untuk mengambil ikan yang jaraknya beberapa meter dari pinggir Bengawan Solo.
 
Menurut Sukardi, salah satu pencari ikan mabuk mengatakan, momen seperti ini sudah ia tunggu sejak pertama kali hujan mengguyur Kabupaten Bojonegoro. Namun sayangnya, hasil tanggkapan kali ini tidak lebih banyak dari tangkapan tahun lalu.
 
Hasil dari mencari ikan ini nantinya akan dimasak bersama keluarga mereka. Meskipun hasil tangkapan tak sebanyak tahun lalu, namun momen ikan mabuk ini menjadi hiburan tersendiri bagi warga di sekitar bantaran Sungai Bengawan Solo. (end)

Berita Terkait


Ribuan Ikan di Ranu Pakis Lumajang Mabuk

Pembudidaya Ikan Kerambah Merugi

Ribuan Ikan di Lumajang Kembali Mabuk

Ribuan Ikan di Ranu Klakah Mabuk


Warga Surabaya Rebutan Ikan Mabuk di Kali Jagir

Warga Beramai-Ramai Cari Ikan Mabuk di Sungai Boyolangu

Asyik . . Ayo, Tangkap Ikan Mabuk

Pencemaran Air Sebabkan Ikan Mabuk di Sidoarjo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber