Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Bambang Rusiadi warga asal Tamanarum Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Di tangan kreatifnya, gypsum bisa disulap menjadi aneka macam kerajian tangan. Foto/gambar : Ramzi
Sulap Gypsum Menjadi Aneka Souvener
Sabtu, 28-02-2015 | 13:49 wib
Oleh : M. Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Bagi sebagian orang, gypsum hanya dikenal sebagai salah satu bagian yang biasa ditemukan di plafon rumah. Akan tetapi di tangan yang kreatif , gypsum itu bisa menjadi aneka macam sovenir yang cukup menarik, dan tentu dengan harga yang relatif murah.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh , Bambang Rusiadi, warga asal Tamanarum Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Di tangan kreatifnya, gypsum bisa disulap menjadi aneka macam kerajian tangan atau souvener yang indah.

Berawal dari sekedar iseng, dan ingin mempunyai penghasilan sampingan, pria berumur 50 tahun ini, mencoba membuat aneka suovener dengan harga yang terjangkau. Bahan bakunya hanya gypsum yang mirip tepung. Beberapa model alat cetak ia buat sendiri, dengan berbahan dasar silikon. Selanjtunya gypsum yang sudah dicampur air itu, dituangkan ke cetakan miliknya. hanya nunggu seperempat jam, souvener itu sudah jadi. Tinggal pewarnaan tergantung selera atau motif.

Untuk model tergantung pesanan, atau model-model yang memang dbuat sendiri sebagai contoh. Memang, Bambang masih sebatas berkreasi sendiri bersama pemuda atau pelajar yang ada di desanya.

"Untuk pemasaran hanya sebatas lokal, atau mengikuti pameran di sekitar magetan," kata Bambang Rusiadi, pembuat souvener dari gypsum

Soal harga memang relatif murah dibanding dengan souvener lainnya. Hanya berkisar Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu, sudah bisa mendapatkan souvener buatannya. Bambang mempunyai cita-cita, kreatifitasnya bisa dikembangkan bersama anak muda atau pelajar. Meskipun pemasarannya masih sebatas lokal, pensiunan Dinkes Magetan tetap terus bekreasi.(pul)



Berita Terkait


Dekranasda Jatim Buka Pasar Kerajinan ke Eropa

Warga Binaan Lapas Jombang Produksi Tas Rajut

Kerajinan Dari Barang Bekas Kreatifitas Warga Lapas

Kerajinan Daun Kering Yang Mendunia


Kerajinan Daun Kering Yang Mendunia

Begini Cara Membuat Kerajinan Odheng Khas Madura

Kerajinan Hiasan Dinding di Kecamatan Panarukan Beromset 15 Juta Perbulan

Kerajinan Hiasan Dinding di Kecamatan Panarukan Beromset 15 Juta Perbulan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber