Berita Terbaru :
Nyinyirin Polisi di Sosmed, Pedagang Sayur Diperiksa
KPAI Buka Posko Pengaduan PPDB 2020, Ini Nomor Kontaknya
Penjelasan Deddy Corbuzier Soal Video Wawancara dengan Siti Fadilah
Penerimaan Siswa Baru Akan Digelar Secara Online
Dampak Covid-19 Investasi Kabupaten Madiun Belum Capai Target Triwulan I
   

Maine Coon, Kucing Besar dari Amerika Serikat
Life Style  Sabtu, 28-02-2015 | 12:12 wib
Reporter : Pulung Aji
pojokpitu.com, Selain anjing dan satwa lainnya, kucing merupakan hewan peliharaan favorit. Salah satunya kucing berjenis besar dan sangat berbeda dengan kucing-kucing pada umumnya.

Ya, kucing Maine Coon. kucing jenis ini memiliki bobot  9 hingga 13 kilogram. Wah, terbilang berat ya untuk ukuran kucing. Penasaran kan seperti apa kucingnya?  Maine Coon adalah salah satu ras kucing yang terbentuk secara alamiah. Sesuai namanya, ras ini berasal dari negara bagian Maine (Amerika Serikat).

Berbagai mitos dan legenda bermunculan berhubungan dengan asal ras kucing ini. Meskipun secara biologi tidak mungkin terjadi, banyak orang percaya Maine Coon dihasilkan dari perkawinan kucing setengah liar dengan Racoon.  Mitos ini muncul  karena bentuk dan warna ekor kucing Maine Coon banyak menyerupai ekor Racoon.  Selain itu nama Racoon juga kemudian diadopsi membentuk nama ras kucing ini,  Maine - berasal dari nama negara bagian dan Coon - kependekan dari Racoon. Cerita  lain yang cukup populer adalah Maine Coon berasal dari enam ekor kucing peliharaan Marie Antoinette yang dikirim ke Wiscasset (Maine) ketika ia merencanakan untuk melarikan diri dari Perancis pada saat terjadi revolusi Perancis.

Kebanyakan pembiak kucing berpendapat ras ini dihasilkan dari perkawinan kucing domestik dengan kucing-kucing  berbulu panjang dari negara lain.  Dua ras kucing yang diduga menjadi nenek moyang Maine Coon adalah kucing Angora (diduga dibawa oleh para pedagang Inggris) dan Norwegian Forest Cat (dibawa ke Amerika oleh bangsa Viking). Terlepas dari benar atau tidaknya dugaan tersebut, bentuk fisik Norwegian Forest Cat memang mirip dengan Maine Coon.

Maine Coon adalah kucing yang dekat dengan manusia, tidak sepenuhnya independen tetapi juga tidak selalu mencari perhatian pemiliknya. Dibandingkan dengan Persia yang lebih suka tidur di pangkuan,  Maine Coon lebih aktif dan suka berada dekat di sekitar pemiliknya. Maine coon asli mempunyai jari kaki lebih banyak dibandingkan kucing lainnya. Kelebihan jari ini disebut polidactyl dan bersifat genetik dominan. Meskipun ada beberapa pembiak kucing yang khusus memelihara sifat asli ini. Sebagian besar Maine Coon modern tidak lagi  membawa gen polidactyl. Kebanyakan organisasi dan klub kucing dunia tidak mengijinkan kucing polidactyl ikut kontes. Akibatnya Maine Coon Polidactyl tidak banyak dikembangbiakkan lagi. (pul)



Berita Terkait

Peneliti Jepang Amati Keberadaan Satwa Langka Kucing Bakau

Kasus Video Kucing Dicekoki Ciu, Polisi Tetapkan Satu Tersangka

Keluarga Pecinta Anjing Gelar Ultah Unik Untuk Mini Pom

Kasus Dugaan Penganiayaan Kucing Naik ke Penyidikan
Berita Terpopuler
Dampak Covid-19 Investasi Kabupaten Madiun Belum Capai Target Triwulan I
Politik  5 jam

Penerimaan Siswa Baru Akan Digelar Secara Online
Pendidikan  4 jam

Penjelasan Deddy Corbuzier Soal Video Wawancara dengan Siti Fadilah
Infotainment  3 jam

Nyinyirin Polisi di Sosmed, Pedagang Sayur Diperiksa
Peristiwa  51 menit



Cuplikan Berita
Marah, Kapolda Copot Oknum Kapolsek Karena Tertidur Saat Rapat Dengan Walikota
Pojok Pitu

H-2 Lebaran, Stasiun Gubeng Surabaya Sepi Penumpang
Pojok Pitu

PSBB Surabaya Raya Bisa Diperpanjang, 2 Tahap Sebelumnya Dinilai Tak Efektif
Jatim Awan

Unik, Anak Anak Ini Berebut Uang Lebaran di Pagar Rumah Warga
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber