Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Warga Beramai-Ramai Gali Situs Kuno Kerajaan Majapahit
Senin, 02-11-2015 | 12:13
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Situs kuno peninggalan Kerajaan Majapahit di Desa Urangagung Kecamatan Kota Sidoarjo, akhirnya digali warga untuk memastikan asal usul temuan tumpukan batu tersebut.

Warga berbondong-bondong mendatangi lokasi temuan situs bersejarah yang ditemukan salah seorang petani, dua minggu yang lalu.  

Namun sebelum dilakukan penggalian, warga menggelar ritual doa bersama meminta keselamatan, agar selama melakukan penggalian lancar hingga selesai.  

Setelah doa bersama, warga secara bergantian turun ke kubangan sawah, yang muncul sumber air secara deras dari balik tumpukan batu bata. Bangunan kuno itu terlihat memanjang sekitar empat meter, dengan kedalaman dua meter lebih itu.

Ditemukanya situs purbakala di tanah kas desa, diperkirakan dibangun pada jaman Mojopahit ini, membuat puluhan warga datang melihat dari dekat.
 

Kepala Kelurahan Urangagung Ahmad Hariadi mengatakan, proses penggalian itu sudah dilaporkan ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BPPP) Trowulan, Mojokerto dan pihak terkait dari Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Sidoarjo, namun belum juga ada tanggapan.  

Sebelumnya tumpukan batu bata itu, pertama kali ditemukan oleh Sugiantono, penggarap sawah tanah kas desa (TKD) Urangagung.

Sugiantono bermimpi, lalu menggali sawah dengan kedalaman satu meter dan dia menemukan tumpukan batu bata, yang diduga situas peninggalan Kerajaan Majapahit. (mud)
    

Berita Terkait


Warga Beramai-Ramai Gali Situs Kuno Kerajaan Majapahit

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber