Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Pakar Komunikasi Universitas Brawijaya Malang, Doktor Anang Sujoko.
Deklarasi Pilbup Damai, Butuh Komitmen Dan Profesionalisme
Jum'at, 16-10-2015 | 15:34 wib
Oleh : Hadi Triswanto
pojokpitu.com, KPU Kabupaten Malang berencana mengadakan Deklarasi Pemilihan Bupati Damai, Sabtu, 17 Oktober 2015. Menanggapi hal ini, pakar komunikasi politik Universitas Brawijaya, Doktor Anang Sujoko menilai, jika kesuksesan acara tersebut harus dibarengi dengan adanya komitmen dan profesionalisme semua pihak terkait .

KPU Kabupaten Malang berencana mengadakan Deklarasi Pemilihan Bupati Damai, Sabtu, 17 Oktober 2015, di lapangan Desa Banjarejo Kecamatan Pagelaran. Terkait agenda tersebut, pakar komunikasi Universitas Brawijaya Malang, Doktor Anang Sujoko menilai, jika acara tersebut sebagai gerakan moral, yang kurang bisa berdampak signifikan untuk mengkatrol partisipasi warga memilih . 

Hal ini karena ada beberapa hal yang harus diperkuat, yaitu seperti adanya janji dan komitmen dari pasangan calon , tim pemenangan , serta pendukung dari paslon tersebut untuk bisa menjalani pesta demokrasi lima tahunan tersebut dengan baik.

Menurutnya, faktor lain yang dibutuhkan agar Pilbup berjalan damai adalah sikap netralitas dan profesionalisme dari KPU dan Panwaskab.  KPU semestinya bisa mengadakan Pilbup sesuai asas asas profesionalisme , obyektif dan netral, termasuk Panwaskab seharusnya tegas dalam melakukan pengawasan pelanggaran Pilbup 9 Desember nanti.

Lelaki kelahiran Kediri ini menegaskan, Pilbup bisa menjadi wahana untuk pendidikan politik bagi warga Kabupaten Malang. Namun selayaknya KPU , Panwaskab , paslon dan partai pendukung turut berpartisipasi memberikan sosialisasi berupa pendidikan politik yang baik. 

Diharapkan, nantinya Deklarasi Pilbup tidak hanya berjalan layaknya seremoni biasa . Namun lebih dari itu, Deklarasi Pilbup bisa menjadi pendidikan politik bagi warga Kabupaten Malang, untuk bisa memilih pemimpin yang bijaksana dan bisa memajukan wilayahnya. (end)


Berita Terkait


Nelayan di Probolinggo Deklarasi Damai Untuk Indonesia

Pasca Pungut Hitung, Polisi Kumpulkan Ketua Parpol dan Tokoh Deklarasi Damai

Jelang Natal dan Tahun Baru, Polisi Bersama FKUB Gelar Deklarasi Damai

Deklarasi Pilbup Damai, Butuh Komitmen Dan Profesionalisme


Arek Jatim Deklarasi Damai Untuk Jokowi

Deklarasi Damai Awali Kampanye Pileg dan Pilpres 2019

Polres Malang Kota Gelar Deklarasi Damai Pemilu 2019

TNI dan Polri Gelar Deklarasi Damai Pilpres dan Pileg

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber