Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Olah Raga 

Seri VI NBL Digelar, Posisi 4 Besar Belum Terusik
Selasa, 24-02-2015 | 19:54 wib
Oleh : Selvy Wang
Solo pojokpitu.com, Musim reguler National Basketball League (NBL) Indonesia 2014-2015 menyisakan lima seri lagi. Setengah perjalanan dari paruh musim kedua itu akan dimulai dengan Seri VI Solo yang digelar di Sritex Arena, 25 Februari hingga 1 Maret 2015.

Seri keenam ini sekaligus menjadi awal seri maraton terberat musim ini. Setelah seri VI di Solo, seluruh tim kontestan langsung bergeser ke Seri VII di GOR Sahabat Semarang pada 4-8 Maret. Dilanjutkan kemudian dengan Seri VIII Jogjakarta di GOR UNY, 11-15 Maret 2015.  

Tak hanya jeda antarseri yang sangat mepet, seri VI ini, juga akan sangat menentukan tim-tim mana saja yang akan lolos ke fase terakhir, championship series. Untuk menuju fase playoff ini, setiap tim harus berebut posisi minimal berada di peringkat delapan. Melihat sengitnya selisih poin masing-masing tim, keunggulan head-to-head akan menentukan bila terjadi poin sama pada akhir musim reguler.
 

Sejauh ini, Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta, Satria Muda Britama Jakarta, M88 Aspac Jakarta, dan CLS Knights Surabaya), belum terusik sama sekali dari posisi empat besar. Sementara dari posisi kelima hingga ke-12, masih terus berpotensi naik-turun.  

Aksi saling sikut tim-tim di luar empat besar itulah yang jauh lebih menarik untuk disaksikan mulai seri keenam nanti. Salah satunya Stadium Jakarta dan Satya Wacana ACA LBC Angsapura. Di atas kertas, Stadium memang unggul atas Satya Wacana. Rekor menang kalah menunjukkan Stadium menang 15 kali dan kalah 1 dari Satya Wacana.   Namun, melihat performa Satya Wacana yang sedang menanjak bukan tidak mungkin Stadium dapat terpeleset. Dari data head-to-head musim ini, kedua tim sekali bertemu di Seri III Malang. Saat itu, Stadium unggul satu bola atas Satya Wacana 87-85 setelah melewati drama overtime.  

Satya Wacana sangat terlecut untuk melakukan revans. Stabilnya performa Satya Wacana, tak lepas dari peran Respati Ragil Pamungkas. Shooting guard Satya Wacana ini punya andil besar bagi timnya hingga mampu berada di peringkat ketujuh. Alumni DBL All-Star 2008 tampil cemerlang dengan mencatatkan double digit point pada sembilan dari sepuluh pertandingan terakhir.  

?Kemenangan atas Stadium akan sangat penting bagi kami. Sebab, kami akan meraih hasil seri pada head-to-head. Dan hal tersebut bisa menjadi bekal bagus untuk bisa lebih cepat mengamankan tiket playoff,? ujar pemain yang telah mencetak 310 poin musim reguler 2014-2015 tersebut.
 

Sementara itu, Stadium mulai menemukan rasa percaya diri bersama pelatih baru Andre Yuwadi. ?Saat ini, kami berupaya fokus untuk mempertahankan posisi di zona Championship Series karena kami sekarang punya pesaing  yang lumayan seperti Bandung Utama, Garuda Kukar Bandung, Satya Wacana, dan Hangtuah.  Sedikitpun kami tak boleh lengah,?  ujar Wijin (sapaan Wijaya Saputra) dalam press conference di Sritex Arena Executive Lounge, Selasa (24/2).
 

Bersamaan dengan seri keenam IndiHome NBL Indonesia, persaingan ketat juga terjadi pada liga basket perempuan kasta tertinggi tanah air, Women?s National Basketball League (WNBL) Indonesia. Jadwal padat dua seri maraton akan dihadapi para kontestan. Dimulai dengan seri ketiga di Solo (26 Februari-1 Maret), dilanjutkan dengan seri keempat di Semarang (5-8 Maret). (mud)

Berita Terkait


Satria Muda Jakarta Akhirnya Lolos ke Grand Final

Kuda Hitam Stadium Jakarta Hentikan Juara Bertahan

WNBL Championship Indonesia Series 2015 Digelar 6-8 Mei

CLS Knights nyaris kalahkan Pelita Jaya


Seri Pamungkas NBL 2015 Tentukan Nasib CLS

Seri Surabaya NBL Indonesia Siap Digelar Besok

Satya Wacana Terus Kejar Playoff NBL 2015

Seri 8 NBL 2015 di Jogjakarta Siap Digelar

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber