Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sorot 

Pope Francis. Foto: AFP
10 Hal Mengejutkan tentang Paus Fransiskus
Senin, 05-10-2015 | 09:35
Oleh :
pojokpitu.com, KARDINAL Jorge Mario Bergoglio, pria elok dari Argentina itu sah menjadi Paus pada 13 Maret 2013 lalu. Di usianya nan matang, 76 tahun, beliau dipercaya sebagai Paus ke-266 Gereja Katolik Roma dan menjadi sosok pertama yang mengambil nama Francis (Fransiskus).


Tidak ada menyangkal bahwa Paus Fransiskus adalah spesial, unik dan menakjubkan. Tak sedikit yang menyebut, sebagai pemimpin spiritual umat beragama, Paus Fransiskus tampak sangat segar dan bersahaja. Dunia beruntung memilikinya.

Dia dilahirkan di Buenos Aires, 17 Desember 1936. Dia juga merupakan Paus pertama dari benua Amerika, dan non-Eropa pertama selama 1.272 tahun terakhir. Paus non-Eropa sebelumnya adalah Santo Gregorius III, kelahiran Syria yang menjabat sebagai Paus sejak tahun 731.

Menurut pakar Vatikan, John Allen, nama Fransiskus ini merujuk kepada salah satu tokoh yang paling dihormati di Gereja Katolik, yaitu St Fransiskus dari Assisi, nan menjadi lambang untuk kemiskinan, kerendah hatian serta kesederhanaan.

Selain hal-hal umum seputar Paus Fransiskus, sosok ini memiliki karakter dan sisi lain yang mungkin tak banyak yang tahu. Berikut beberapa rangkuman rahasia sosok Paus Fransiskus, seperti dirangkum dari berbagai sumber seperti National Catholic Reporter, Biography, The Richest dan Time. (adk/jpnn/pul)

Berpendidikan tinggi

Paus Fransiskus adalah orang yang cerdas. Dia belajar filsafat di Universitas Katolik Buenos Aires. Dia juga meraih gelar master di Kimia dari Universitas Buenos Aires.

Warga Dunia

Paus Fransiskus menjadi warga negara (hukum) di tiga negara yang berbeda. Dia adalah warga negara dari Argentina di mana ia lahir, dibesarkan dan tinggal di sebagian besar hidupnya. Kemudian karena tradisi hukum, Paus Fransiskus juga warga Italia karena dia keturunan dari sana. Kemudian tentu saja, Vatikan.

Pernah jatuh cinta

Paus Fransiskus pernah jatuh cinta dan wanita yang seharusnya merasa beruntung itu, akhirnya menjadi satu-satunya wanita yang pernah dicintainya.

Pada usia 12, Bergoglio jatuh hati kepada seorang gadis muda di lingkungannya. Dari berbagai sumber menyebutkan, Bergoglio tampaknya menyatakan bahwa jika ia tidak menikahi gadis itu, dia akan menjadi seorang imam!

Meski wanita itu bukan satu-satunya alasan baginya untuk mengejar imamat, namun kemudian, dia menepati janjinya.

Mencintai seni

Paus Fransiskus selalu memiliki perhatian untuk seni dan selalu tertarik dengan hasil karya seniman. Lukisan favoritnya diciptakan oleh Marc Chagall berjudul The White Crucifixion.

Lukisan itu menggambarkan penyaliban Yesus di kayu salib. Dalam lukisan itu, Yesus mengenakan selendang doa, yang merupakan simbol dari akar Yahudi. Lukisan terkenal ini telah dikagumi dan ditafsirkan oleh banyak orang dari waktu ke waktu.

Paus Fransiskus pernah mengatakan bahwa dia bisa menghabiskan berjam-jam melihat karya seni ini, dan setiap kali melihat, ada sesuatu yang baru.

Seorang guru

Dia dikenal banyak murid-muridnya sebagai guru terbaik yang pernah ada. Pada tahun 1960 Paus Fransiskus mengajar psikologi, sastra, filsafat dan teologi di berbagai sekolah tinggi sekitar Argentina.

Tidak tinggal di kediaman resmi Kepausan

Maret 2013, setelah terpilih Paus, Paus Fransiskus memutuskan tak tinggal di kediaman kepausan resmi, yang terletak di Istana Apostolik. Sebaliknya, dia memilih untuk tinggal di Wisma Vatikan di mana ia menerima pengunjung dan mengadakan pertemuan.

Paus Fransiskus adalah Paus pertama sejak Paus Santo Pius X (1903-1914), yang memilih tidak tinggal di apartemen kepausan. Paus Fransiskus juga disebut lebih suka makan di kantin di Vatikan bersama penduduk setempat.

Suka olahraga

Paus Fransiskus adalah penggemar berat olahraga. Dia memiliki kecintaan terhadap sepak bola dan merupakan penggemar berat klub San Lorenzo de Almagro Football, tim dari lingkungan dia dibesarkan.

Semasa remaja, Paus Fransiskus dikenal sebagai Anak Basket. Dia telah menerima banyak jersey sepak bola dan bola basket dari berbagai tim karena cintanya kepada olahraga.

Suka menari

Seperti orang Argentina kebanyakan, Paus Fransiskus suka menari, Tango pada khususnya. Dia selalu bergairah tentang Tango dan tidak membiarkan posisinya di gereja menghapus kegemarannya.

Suka tertawa

Sebelum Paus Fransiskus, ketika orang berpikir Paus, mereka berpikir sosok yang selalu serius. Namun, tidak yang satu ini. Paus Fransiskus telah mengubah perspektif masyarakat tentang menjadi Paus. Paus Fransiskus pernah difoto dengan hidung badut, telah ditampilkan dalam berbagai selfies dan bahkan telah memesan pizza ke Vatikan. Rasa humornya tinggi.

Dia hanya memiliki satu paru-paru yang berfungsi

Ya, Paus Fransiskus hanya memiliki satu fungsi paru-paru. Ketika Paus Fransiskus masih seorang anak, ia mendapat infeksi yang mengerikan di paru-parunya. Dia terpaksa menerima kenyataan, bagian dari paru-paru kanannya tak berfungsi lagi sebagai sarana bertahan hidup.


Berita Terkait

16-02-2017 | 15:14
Ikan Paus Tersangkut Jaring Nelayan Jadi Tontonan Warga
19-10-2016 | 22:12
Cegah Menopause Dengan Pola Hidup Sehat
10-09-2016 | 11:17
Perhatian!! Menopause dan Imsomnia Bisa Percepat Penuaan
20-06-2016 | 23:21
Penyelamatan Paus, Anggota TNI AL Sisir Perairan Probolinggo

20-06-2016 | 10:13
Bau Busuk Bangkai Paus Ganggu Nelayan Pencari Kerang
18-06-2016 | 16:19
Petugas Gabungan Temukan Lagi 3 Bangkai Paus
17-06-2016 | 20:42
Begini Cara Warga Menguburkan Ikan Paus
17-06-2016 | 12:43
LIPI Lakukan Pengambilan Sampel Organ Dalam Paus

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber