Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Foto: AFP/NASA
Wow! Dipastikan Ada Air di Planet Mars
Selasa, 29-09-2015 | 09:17 wib
Oleh :
CAPE CANAVERAL pojokpitu.com, Kemungkinan adanya makhluk hidup di Planet Mars semakin besar. Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan secara resmi adanya aliran air di Planet Mars tadi malam WIB.

NASA menduga, air asin itu berasal dari lapisan es yang mencair. Tapi, bisa jadi air mengalir tersebut berasal dari lapisan garam di permukaan Mars yang mencair. "Atau, mungkin air itu menyembur dari dalam tanah," ujar Direktur Ilmu Planet NASA Jim Green.

Selain Green, pengumuman tentang adanya air mengalir di Mars itu disampaikan pejabat dan periset senior NASA. Yakni, ilmuwan senior Mars Exploration Program NASA Michael Meyer dan peneliti Georgia Institute of Technology, AS, Lujendra Ojha.

Selain tiga pejabat itu, ada Ames Research Center NASA Mary Beth dan peneliti utama High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) pesawat pengorbit Mars Alfred McEwen. 

"Penemuan itu merupakan hasil analisis gambar yang terekam Mars Reconnaissance Rover,"  kata McEwen. Dia menambahkan, air asin yang mengalir ke lembah-lembah Mars itu menimbulkan jejak seperti coretan berwarna hitam yang kadang terlihat di beberapa bagian planet tersebut.

Bukan kali ini saja NASA merilis penemuan jejak air di permukaan Mars. Beberapa tahun terakhir, para ilmuwan NASA kian yakin bahwa air memang pernah mengalir di planet tetangga bumi tersebut.

Sebab, mereka menemukan tidak hanya satu bukti jejak air di Mars. Mulai air yang membeku pada kutub-kutub planet, pada atmosfer Mars yang tipis, sampai genangan kecil yang terbentuk saat malam.

Kendati demikian, penemuan terbaru tentang air di permukaan Mars itu adalah yang paling penting.

"Air yang mengalir di permukaan Mars yang dingin dan gersang itu menjadi terobosan paling penting terkait dengan misi pencarian kehidupan di luar bumi," jelas CNN. Bisa jadi, kehidupan itu pernah ada pada masa lalu atau malah sedang berlangsung saat ini. (CNN/hep/c7/kim/pul)


Berita Terkait


Ratusan Buruh Ziarahi Makam Marsinah

Mengenang Marsinah, Wanita Pejuang Buruh dari Nganjuk

Irjen Pol. (Purn) Sumarsono, Mantan Kapolda Jatim Berpulang

Liburan ke Tokyo, Marshanda Tak Lupa Belikan Oleh-Oleh untuk Mantan Suami


Makam Marsinah Ramai, Khofifah Lakukan Doa

Pencipta Lagu Mars Persebaya Tutup Usia

Cerita Marsha Timothy Temukan Karakter Marlina si Pembunuh

Siang Ini Retno Marsudi Temui Aung San Suu Kyi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber