Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Pengepul kulit memperoleh kulit dari masjid dan tukang jagal hewan qurban, lalu dikirim kepada para produsen kerajinan.
Pengepul Kulit Ternak Kebanjiran Order
Kamis, 24-09-2015 | 15:29 wib
Oleh : Imam Mabrurin
Bojonegoro pojokpitu.com, Hari Raya Idul Adha menjadi berkah tersendiri bagi pengepul kulit ternak di Bojonegoro. Jika pada hari biasa pasokan kulit kambing dan sapi setiap minggunya dapat ia kumpulkan sekitar 400 hingga 500 lembar, pada Hari Raya Qurban pasokan meningkat hingga 50 persen, yaitu sekitar 1000 hingga 1500 lembar. Kulit ini nantinya akan diolah menjadi beraneka ragam kerajinan.

Hari Raya Idul Adha menjadi berkah tersendiri bagi pengepul kulit ternak di Bojonegoro. Pasalnya, para pengepul kulit sapi, kambing dan domba kebanjiran order setiap memasuki Idul Adha.
 
Seperti halnya, usaha pengepul kulit ternak milik Marliana, di Desa Kauman Kecamatan Kota Bojonegoro ini, yang mengolah kulit ternak menjadi bahan kerajinan. Untuk usahanya ini, Marliana meraup omset puluhan juta rupiah.
 
Jika pada hari biasa pasokan kulit kambing dan sapi setiap minggu ia dapat mengumpulkan sekitar 400 hingga 500 lembar. Namun pada Hari Raya Qurban pasokan meningkat hingga 50 persen, yaitu sekitar 1000 hingga 1500 lembar.
 
Pasokan kulit sapi, kambing maupun domba diperoleh dari sejumlah masjid maupun tukang jagal hewan qurban seharga Rp  35 ribu, dan ia jual seharga Rp 50 ribu per lembarnya. Adapun untuk kulit sapi, harga beli per kg sebesar Rp 10 ribu.
 
Biasanya, pasokan kulit ini dikirim ke sejumlah pengrajin yang telah memesan, seperti Surabaya, Semarang, bahkan Arab Saudi yang merupakan salah satu produsen jaket kulit. Kulit ini nantinya akan diolah menjadi beraneka ragam kerajinan, seperti sandal, tas, jaket, sepatu dan kerajinan kulit lainnya. (end)


Berita Terkait


Persaingan Kerajinan Kulit di tengah Trend Mode Dunia

Kuasai Pasar Lokal, Perajin Kulit Magetan Siap Hadapi MEA

Pengepul Kulit Ternak Kebanjiran Order


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber