Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Tidak banyak rupiah yang dihasilkan. Kerja menganyam dari pagi hingga malam rata-rata bisa menghasilkan uang Rp 10 ribu. Mereka berharap ada bantuan modal lunak dari pemerintah, maupun pelatihan yang bisa lebih mensejahterakan. Foto Ramzi
Kasihan.. Banyak Pengrajin Anyaman Bambu Terjerat Bank Titil
Sabtu, 05-09-2015 | 10:42 wib
Oleh : M. Ramzi
pojokpitu.com, Meskipun dikenal sebagai salah satu produk lokal Magetan, akan tetapi tidak selamanya pembuat aneka kerajinan anyaman bambu bisa menikmati hasil jerih payahnya

Salah satunya pembuat aneka kerajinan berbahan dasar bambu di Desa Sendang Agung Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Di Dukuh Sengon Sendangagung, hampir semua warganya menekuni kerajinan bambu.

Ini dilakukan secara turun temurun dari orang tua. Bukan sekedar pekerjaan, akan tetapi seperti menjadi tradisi. Setiap anak yang sekolah harus membantu orang tuanya, membuat kerajinan bambu, sehingga bisa mendapatkan uang saku untuk sekolah. Tradisi tersebut masih dilakukan hingga sekarang.

Di emper halaman rumah, mereka membuat aneka kerajinan bamboo. Seperti besek, yang biasa dijadikan tempat kripik tempe, atau membuat bahan caping. Mereka berkerja dari pagi hingga malam hari.

Kekurangan modal menjadi persoalan serius yang mereka hadapi selama ini. Tidak jarang, untuk bisa tetap menganyam, mereka harus meminjam ke rentener atau Bank Titil, yang setiap waktu menawarkan pinjaman uang.

Menurut Sukilah, pengrajin anyaman Bamboo, meskipun bunganya sangat tinggi akan tetapi mereka terpaksa melakukannya pinjaman karena tidak ada solusi lain. Harapan akan ada pinjaman lunak dari pemerintah, namun tak kunjung datang. (pul/**)



Berita Terkait


Kreatif, Kerajinan Tirai Bambu Motif Gunakan LCD Projector

Akar Bambu yang Terbuang Disulap Jadi Pundi-Pundi Rupiah

Seorang Warga Koleksi Lebih Dari 700 Bambu Unik

Pagelaran Festival Bambu di Sampang Madura


Perajin Besek Bambu Banjir Pesanan Jelang Idul Adha

Pasar Unik, Beli Pakai Koin Bambu

Aneka Kerajinan Bambu Dari Lereng Gunung Hari

Langsung Heboh, Penemuan Kerangka Manusia di Kebun Bambu

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber