Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Jelang MEA, Standarisasi Kualitas Ikan di Pasar Lokal Diperketat
Jum'at, 04-09-2015 | 18:56 wib
Oleh : Selvy Wang
pojokpitu.com, Jelang pelaksanaan masyarakat ekonomi asean (MEA), Jawa Timur targetkan peningkatan kualitas hasil perikanan, baik ikan budidaya maupun ikan tangkap. Hal ini dilakukan agar dapat bertahan di pasar lokal serta bersaing di pasar global. Selain itu, ini cara mencegah masuknya produk perikanan dari luar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas perikanan dan Kelautan Jawa Timur, Heru Tjahyono saat ditemui di kantornya, Jumat (4/9/2015). Menurutnya, standarisasi kualitas untuk ikan budidaya ini dilakukan melalui program pakan mandiri, yaitu memberi bantuan pada petani nelayan untuk membuat pakan ikan sendiri.

"Kami berharap, dengan program ini, mereka bias membuat pakan dengan kandungan protein bagus dan harga murah. Ini juga cara mengatasi harga pakan yang mahal sehingga biaya produksi juga besar," jelasnya.

Ia menambahkan, ada beberapa cara yang bias dilakukan diantaranya peningkatan  kualitas produksi ikan  mentah, setengah matang maupun olahan. Selain itu, standarisasi produk ikan yang diekspor meliputi asal usul ikan, makanan ikan atau umur ikan sehingga informasi ikan dapat diketahui.

"Peningkatan kualitas pasar lokal ini dilakukan karena konsumsi ikan di masyarakat sudah meningkat dari 27 kilogram menjadi 31 kilogram per kapita per tahun. Ini terjadi karena kesadaran masyarakat sudah bagus dan mengurangi konsumsi daging merah," ujarnya.
 
Berdasar data yang ada, lanjuta Heru, potensi ikan budidaya di Jawa Timur mencapai 1,64 juta ton. Sedangkan potensi ikan tangkap mencapai  399,9 ribu ton dengan jumlah kebutuhan mencapai 1 juta ton.(ern)


Berita Terkait


Dua Buron Pelaku Penculikan dan Pembunuhan Berhasil Ditangkap

Kirab Bendera Raksasa Sambut Pelantikan Presiden

Ribuan Warga Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa di Jembatan Suramadu

PDIP Gelar Istighosah Untuk Kelancaran Pelantikan Presiden


Istighosah dan Doa Bersama Saat Pelantikan Presiden

PDIP Gelar Istighosah Untuk Kelancaran Pelantikan Presiden

Pengamanan Saat Pelantikan Presiden Makin Digiatkan

Bem Unair Nyatakan Lima Sikap Jelang Pelantikan Presiden

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber