Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Sepeda motor listrik kreasi mahasiswa ITS Surabaya dipajang di Indonesia International Motor Show 2015. Foto: dokumen JawaPos.Com
Sepeda Motor Listrik Buatan Mahasiswa ITS Sangat Irit, Begini Hitungannya...
Sabtu, 22-08-2015 | 11:05 wib
Oleh :
pojokpitu.com, Mahasiswa Institut Sepuluh November (ITS) membuktikan bahwa motor listrik jauh lebih irit daripada menggunakan bahan bakar minyak (BBM). Selain hemat biaya, listrik sebagai energi terbarukan juga ramah lingkungan ketimbang BBM yang menghasilkan polutan.

Mahasiswa ITS yang ikut merancang motor listrik, Grangsang Sotyaramadhani mengatakan, moda transportasi kreasinya itu mampu melaju sejauh 60 kilometer dalam sekali pengisian daya selama 1,5 jam. "Kecepatannya bisa sampai 100 km/jam," katanya saat berbincang dengan JawaPos.Com di acara Indonesia International Motor Show (IIMS), Jakarta, Kamis (20/8).

Menurutnya, motor listrik memang jauh lebih hemat hingga 200 persen dibandingkan BBM. Dalam hitungannya, motor listrik dengan baterai 1,9 kWh itu hanya butuh waktu 1,5 jam sekali mengisi daya. Sementara tarif dasar listrik (TDL) untuk rumah tangga yang terbesar 6.600 VA+ itu seharga Rp 1.524 per kWh.

Artinya, motor listrik membutuhkan sebesar 2,85 kWh (1,5x1,9). Uang yang harus dibayarkan ke PLN adalah Rp 4.343.

Dengan biaya sebesar itu, motor listrik buatan mahsiswa ITS itu bisa menempuh jarak hingga sejauh 60 kilometer. "Ini kita pakai TDL yang paling besar lho (6.600 VA+), kalau pakai lebih kecil, biaya kWh PLN bisa lebih kecil lagi," katanya.

Nah, sekarang jika dibandingkan dengan harga BBM jenis premium yang kini Rp 7.400 per liter, motor bertenaga listrik jelas masih jauh lebih murah.  "Belum tentu satu liter bisa melaju sejauh 60 kilometer. Jadi murah mana, Rp 4.343 atau Rp 7.400?" ujar mahasiswa teknik mesin itu.

Grangsang menegaskan bahwa timnya sangat optimistis motor listrik yang dipajang di IIMS 2015 itu bisa bersaing dengan produk serupa buatan mancanegara. "Ya sekitar Rp 20 juta lah. Produk dari Italia saja harganya kisaran Rp 40 juta, Amerika sudah ratusan juta," imbuhnya.

Motor listrik seberat 11 kilogram itu juga dilengkapi dengan cooling system. ‎Desain casing-nya terbuat dari aluminium serta menggunakan microcontroller 75 MHz, Cortex M3 Real Time Operating System. (fab/jpg/*)


Berita Terkait


Hasil Razia, Sepuluh Motor Diambil Pemilinya

Belasan Motor Bodong Diamankan Polisi

Muat Ban Dalam Bekas, Sepeda Motor Ludes Terbakar

Polisi Razia Motor Bodong di Pasar Hewan


Belasan Motor Bodong Diamankan Polisi

Kakak Adik Kompak Curi Motor di Puluhan TKP, Kedua Kaki Dihadiahi Timah Panas

Ratusan Motor Balap Liar dan Pengendaranya Diamankan Polisi

Muat Ban Dalam Bekas, Sepeda Motor Ludes Terbakar

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber