Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Warga Terdampak Kekeringan Berebut Suplay Air Bersih BPBD
Rabu, 12-08-2015 | 15:12 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Sejak dilanda krisis air bersih dua bulan terakhir, warga puluhan desa di Kabupaten Probolinggo, sejenak bisa bernafas lega. Sebab, pemerintah daerah melakukan pengiriman bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan terparah.

Truk tangki bermuatan bantuan air bersih langsung diserbu warga desa Sumberbendo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo begitu tiba di desa.  

Secara bergantian warga melakukan pengisian jeriken dan ember besar guna menampung air bersih. Agar merata, setiap kepala keluarga dijatah dua ember berisi 30 liter air bersih.  

Warga mengaku lega kebutuhan air bersih terpenuhi. Dua ember besar ini cukup untuk memenuhi kebutuhan air konsumsi satu kepala keluarga selama dua hari kedepan.  

Sementara untuk kebutuhan mandi, cuci/ maupun minum untuk ternak, warga tetap menggunakan air sungai keruh, yang diambil sekitar dua kilo meter dari pemukiman.  

Abdul Rrohman, salah satu warga Desa Sumberbendo mengatakan,  hampir setiap musim kemarau, desanya selalu mengalami krisis air bersih.
 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mengaku telah menyediakan 6 armada penyalur bantuan air bersih, yang setiap hari mendistribusikan air ke 6 desa berbeda.  

Suplai air bersih diprioritaskan ke daerah terdampak paling parah, seperti desa-desa di Kecamatan Lumbang, Banyuanyar, Tegal Siwalan, Tongas dan Kecamatan Sumberasih.  

Sementara untuk penanganan jangka panjang, pemerintah daerah melalui dinas pekerjaan umum akan melakukan pipanisasi pendistribusian air ke daerah darurat kekeringan. Proyek ini dicanangkan rampung pada tahun 2018 mendatang.  

Distribusi air bersih ini rencananya akan terus dilakukan sampai darurat kekeringan di wilayah Kabupaten Probolinggo terkendali. Dan diharapkan dapat meringankan beban warga akan kebutuhan air bersih.   Hingga saat ini ada 40 desa di 11 kecamatan mengalami kekeringan dan krisis air bersih. (mud)  

Berita Terkait


Warga Terdampak Kekeringan Berebut Suplay Air Bersih BPBD

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber