Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Usai Dikirap Tumpeng Kemerdekaan Jadi Rebutan Warga
Rabu, 12-08-2015 | 15:01
Oleh : Moch. Asrofi
Blitar pojokpitu.com, Menyambut hari kemerdekaan dan bersih desa, Kelurahan Sanan Wetan Kota Blitar menggelar kirab tumpeng. Berbagai jenis dan bentuk tumpeng dikirab dari kantor kelurahan menuju makam sesepuh desa. Selanjutnya tumpeng-tumpeng tersebut. langsung menjadi rebutan warga

Tanpa dikomando, ratusan warga Kelurahan Sanan Wetan Kota Blitar yang sudah menunggu sejak pagi berebut tumpeng. Tumpeng berjumlah tiga, yang berisi hasil bumi dan buah-buahan tersebut, menjadi rebutan warga di area Makam Kyai Imam Sopingi, pendiri dan sesepuh warga Kelurahan Sanan Wetan   Meski beberapa kali panitia mengingatkan warga agar tidak berebut, namun karena takut tidak kebagian tumpeng, mereka tidak menghiraukan himbauan panitia.   Tradisi berebut tumpeng di makam sesepuh desa merupakan puncak rangkaian acara bersih desa, yang diadakan oleh kelurahan.   Sebelumnya ritual bersih desa dan juga menyambut HUT Kemerdekaan RI dimulai dari kantor kelurahan menuju makam sesepuh desa. Kirab tumpeng juga diiirngi oleh kesenian musik tradisional.   Setelah sampai di makam sesepuh desa, tumpeng-tumpeng diberi doa oleh tokoh desa. (mud)   

Berita Terkait


Usai Dikirap Tumpeng Kemerdekaan Jadi Rebutan Warga

Tradisi Kirap Tumpeng Ketupat Coklat Diminati Wisatawan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('1711203','2017-12-13','10:34:36','12249','Usai Dikirap Tumpeng Kemerdekaan Jadi Rebutan Warga','107.20.120.65','1','desktop')