Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Mingkatnya dollar membuat para pengrajin mebel bergairah. foto: atiqoh
Pelemahan Rupiah Untungkan Eksportir Mebel
Sabtu, 08-08-2015 | 18:56
Oleh : Atiqoh Hasan
pojokpitu.com, Pelemahan rupiah tidak selalu merugikan. Bagi eksporter furniture misalnya, momen menguatnya mata uang dollar Amerika justru dianggap menguntungkan.

Menguatnya dollar amerika ini dirasakan hampir seluruh mata uang asing. Namun, hal itu dianggap eksporter furniture yang tergabung dalam asosiasi industri permebelan dan kerajinan Indonesia (Asmindo) Jatim, akan menggairahkan pasar.

Meski diakui saat ini negara pengimpor lebih menahan dan berhati-hati dalam berbelanja. Sebab depresiasi dialami hingga 20-30 persen. Belum lagi negara pengimpor merupakan negara konflik, seperti Turki, yang membebankan pajak bea masuk hingga 40 persen bagi eksporter. Sehingga meski menggairahkan, namun juga mengkhawatirkan.

Menurut ketua Asmindo, Liem Laurentius, perekonomian di semester kedua memang belum membaik. tetapi dirasakan lebih optimis jika pemerintah peka terhadap gejolak perekonomian saat ini. Sebab, pengusaha butuh kepastian kondisi ekonomi agar industri mebel bisa menguntungkan tanpa harus menahan atau mengurangi kuantitas produk yang terjual.(tur/**)





Berita Terkait



Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber