Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Ahmad Muhamad menunjukan hasil temuannya. foto: yusmana
Kembangkan Rem OtomatisK Kurangi Lakalantas.
Jum'at, 07-08-2015 | 22:32 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Ahmad Muhammad, mahasiswa program studi teknik elektronika dari Pens, mengembangkan sebuah sistem pengereman otomatis kendaraan listrik yang tujuannya untuk mengurangi jumlah kejadian dan korban Laka lantas yang terus meningkat tiap tahun . Dari hobby mengotak-atik kendaraan ini, tim mahasiswa peneliti ini akhirnya membuat karya terbaik. bahkan karyanya ini mampu menyabet juara satu lomba tugas akhir 31 juli lalu.

Sistem rem otomatis hasil risetnya ini dengan memadukan kecepatan dengan sensor detektor jarak depan di depan kendaraan. intinya, sensor yang dipasang di depan kendaraaan listriknya mampu melakukan pengereman yang disesuaikan dengan kecepatan kendaraan.Dengan menyesuaikan antara kecepatan dan jarak, Akhmad pun mencari formula agar pengereman dapat dilakukan secara bertahap dan halus sesuai pemrograman.

Menambahkan sensor pembaca jarak Maxonar, merupakan sensor Ultrasonic jarak jauh- kendaraan dapat mendeteksi adanya hambatan di depannya. ketika mendekati jarak 10 meter ,kendaraan pun mulai mengurangi kecepatan secara bertahap hingga terhenti secara otomatis dengan jarak antar kendaraan 0,5 meter.

Dengan modal Rp 10 juta ini, karya sistem rem otomatis ini mampu diselesaikan dalam jangka waktu enam bulan. prototype ini telah diuji dan terus dikembangkan.(tur)





Berita Terkait


Kembangkan Rem OtomatisK Kurangi Lakalantas.


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber