Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Api membakar kawasan hutan jati di jalur Pantura Tuban. foto: khusni
Belasan Hektar Hutan Jati di Pantura Tuban Terbakar
Rabu, 29-07-2015 | 18:28 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Belasan hektar areal hutan jati di kabupaten Tuban, hangus terbakar. Kobaran api yang cukup besar, tidak hanya merusak hutan dan habitat di dalamnya. Namun, asap yang ditimbulkan juga menganggu jarak pandang pengendara di jalur Pantura Tuban. Kondisi ini diperparah oleh salah satu titik api yang hanya tinggal berjarak kurang dari dua meter dari jalan raya.

Kebakaran itu terjadi di dua titik berbeda di kawasan hutan jati tepi jalur pantura Tuban. Tepatnya di petak 78 dan petak 81, wilayah resort pemangkuan hutan ( RPH) Pakah, kesatuan pemangku hutan (KPH) Tuban.  Titik api diketahui muncul sejak pukul tiga sore tadi dan terus menyebar hingga hari ini. Bahkan banyak ranting dan daun kering membuat api terus membesar dari satu titik ke titik lainnya.
 
Kondisi ini diperparah dengan keadaan cuaca yang panas serta terbatasnya peralatan dan jumlah petugas di lokasi. Akibatnya api terus menjalar menghanguskan ranting dan daun kering di dalam hutan. Belum diketahui penyebab pasti kebakaran hutan ini, namun diperkirakan lebih dari 10 hektare tanaman jati yang berumur sepuluh tahun hingga dua puluh tahun turut rusak, hangus terbakar.

Selain dikhawatirkan dapat memusnahkan ekosistem alam yang ada di dalam hutan, kebakaran ini juga menganggu para pengguna jalan yang melintas di jalur Pantura Tuban. Pasalnya, salah satu titik api di petak 78, terus menyebar dan mendekati jalan raya yang hanya berjarak kurang dari dua meter saja dari kobaran api.
 
Warga yang melintas, harus ekstra hati-hati saat melintas kawasan hutan jalur pantura Tuban tersebut. Karena asap kebakaran hutan dapat mengganggu jarak pandang dan pernafasan. Kebakaran hutan seperti ini sering kali terjadi saat musim kemarau tiba. warga sengaja membakar hutan untuk keperluan membuka lahan pertanian.
 
Hingga kini, sejumlah petugas masih berupaya memadamkan api. Upaya pemadaman dilakukan dengan peralatan seadanya serta membuat sekat pembatas agar api tak  kian menyebar.(tur/**)
 





Berita Terkait


Taman Nasional Meru Betiri Terbakar, Polisi dan Warga Berupaya Memadamkan Api

3 Hektar Hutan di Gunung Lawu Terbakar

Lahan Kering Tepi Sungai Bantaran Terbakar

Diduga Akibat Puntung Rokok, Gunung Tembok Jember Terbakar


Raker Bahas Kebakaran Hutan dan Kekeringan

KPH Tuban Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran Hutan

Meluas, Kebakaran Hutan Panderman Sudah 60 Hektar

Kemarau Sebabkan Bahaya Kebakaran Hutan Bojonegoro

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber