Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Sorot 

Soekardo, Plt Disnakertrans Jatim. foto: selvy
Disnakertrans Jatim Akan Berikan Pembinaan dan Sosialisasi
Selasa, 28-07-2015 | 18:38 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Disnakertransduk Jatim mengakui sulitnya mendeteksi oknum yang menipu calon TKI dan akan meningkatkan sosialisasi pada masyarakat mengenai bekerja di luar negeri, agar tidak mudah tertipu dengan oknum atau calo. Bahkan selama 2015, tercatat sebanyak 3853 TKI ilegal dari Jatim telah dideportasi.

Terkait  pencekalan 85 calon TKI ilegal di bandara Juanda senin kemarin, menurut PLT  Disnakertransduk Jawa Timur, Soekardo, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengembalikan mereka ke tempat asalnya. Selain itu, masing-masing Disnaker kabupaten, kota akan melakukan pembinaan, agar mereka memahami teknis pendaftaran untuk bekerja di luar negeri, sehingga tidak tertipu lagi.

Soekardo mengakui, sulitnya mendeteksi oknum calo  yang menipu para calon TKI, karena kebanyakan para calon TKI itu hanya mengandalkan rasa percaya, sehingga tidak memeriksa kebenarannya. Karena itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan aparat kepolisian, yang dapat menelusuri keberadaan mereka.

Soekardo menambahkan, pihaknya akan melakukan sosialisasi lebih lagi, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pinggiran dan minim informasi.Disnakertrans juga akan mengimbau masyarakat yang ingin bekerja di luar negeri agar dapat  melalui jalur resmi. Sehingga kesejahteraan dan keamanan mereka terjamin.terlebih di Jatim terdapat 150 perusahaan resmi yang memberangkatkan tenaga kerja.

Dari data yang ada, selama bulan januari hingga juli 2015 terdapat 3853 orang TKI yang dideportasi, dan kebanyakan berasal dari sejumlah daerah seperti Bangkalan, Sampang, Sumenep, Pamekasan, Situbondo, Bondowoso dan Jember. Sebagian besar mereka bekerja di Malaysia atau Singapura. (tur)



 



Berita Terkait


Disnakertrans Jatim Akan Berikan Pembinaan dan Sosialisasi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber