Berita Terbaru :
Kasus Covid-19 Surabaya, Diprediksi Segera Mencapai Puncaknya
   

Mesin Pembakar Sampah Inovatif dari Lereng Kelud
Mataraman  Kamis, 23-07-2015 | 14:25 wib
Reporter : Unggul Dwi Cahyono dan Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Sampah menjadi masalah pelik di kota-kota besar. Namun warga Lereng Gunung Kelud, Kabupaten Kediri menawarkan sebuah solusi dengan menciptakan mesin pembakar sampah. Mesin ini bisa memusnahkan segala jenis sampah dengan asap yang sedikit dan sisa sampah hanya tiga persen saja. Sejumlah rumah sakit di Kediri telah memesan mesin ini untuk membakar sampah medis.

Proses produksi mesin pembakar sampah ini berlangsung di Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri dan hanya sekitar tujuh kilometer dari puncak Gunung Kelud. Adalah Syukur Zainal Abidin yang menciptakan mesin pembakar sampah yang amat efisien.

Mesin ini menggunakan bahan bakar elpiji dan dapat membakar berbagai jenis sampah sebanyak satu meter kubik, dengan waktu tak sampai setengah jam.  

Gas elpiji dinyalakan hanya sepuluh menit, selebihnya mesin pembakar sampah ini bekerja sendiri. Mesin yang diberi nama Dyank Box ini meminimalisir asap hasil pembakaran.

Sedangkan sisa sampah hasil pembakaran hanya berkisar tiga persen dari volume sampah. Mesin pembakar sampah ini bisa membakar segala jenis sampah, baik sampah basah, kering maupun sampah medis.

Kini dia mendapatkan pesanan dari empat mesin untuk membakar sampah medis dari klinik dan rumah sakit swasta di Kediri. Zainal juga merancang mesin pembakar sampah yang digunakan secara massal oleh beberapa rumah tangga dengan kapasitas tiga sampai lima meter kubik dengan ketinggian cerobong dua koma lima meter.  

Syukur Zainal Abidin penemu mesin pembakar sampah ini menjelaskan, dalam sebulan pihaknya bisa memproduksi 10 Dyank Box berukuran kecil dan empat Dyank Box berukuran besar, yang ketinggian cerobongnya mencapai dua koma lima meter. Teknologi tepat guna ini amat dibutuhkan untuk mengatasi problema sampah di kota-kota besar. (mud)

Berita Terkait

Pelajar SMK Sidoarjo Ciptakan Mesin Otomasi Sortir Pencacah Sampah

Mesin Pembakar Sampah Inovatif dari Lereng Kelud
Berita Terpopuler
Kasus Covid-19 Surabaya, Diprediksi Segera Mencapai Puncaknya
Covid-19  1 jam



Cuplikan Berita
Marah, Kapolda Copot Oknum Kapolsek Karena Tertidur Saat Rapat Dengan Walikota
Pojok Pitu

H-2 Lebaran, Stasiun Gubeng Surabaya Sepi Penumpang
Pojok Pitu

PSBB Surabaya Raya Bisa Diperpanjang, 2 Tahap Sebelumnya Dinilai Tak Efektif
Jatim Awan

Unik, Anak Anak Ini Berebut Uang Lebaran di Pagar Rumah Warga
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber