Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Info Lebaran 

Mobil dan dan belasan motor memanfaatkan perahu tambang sungai berantas sebagai jalur arus balik lebaran. foto:taufiq
Hindari Kemacetan, Ratusan Pemudik Pilih Jalur Alternatif Perahu Tambang.
Senin, 20-07-2015 | 16:46 wib
Oleh : Taufiq Lubis
Mojokerto pojokpitu.com, Kemacetan parah saat arus balik di kawasan Jombang, memaksa sejumlah pemudik memilih jalur alternatif. Bahkan, meski tergolong berbahaya, para pemudik tetap nekad melaui jasa perahu tambang.

Kemacetan yang terjadi di jalur penghubung Surabaya-Madiun dan jalur Pantura, memaksa para pemudik yang hendak balik, menggunakan jasa perahu tambang. Para pemudik baik dari kabupaten Jombang menuju beberapa kota lain di Jawa Timur, memilih jalur alternatif ini, guna menghindari kemacetan parah pada H+3 hari ini.
 
Bahkan, meski beresiko, jalur mudik alternatif berbahaya dengan menyebrang sungai brantas menggunakan perahu kayu terpaksa digunakan. selain  sejumlah pemudik dengan mobil pribadi, pemudik dengan sepeda motor juga nekad menggunakan jasa ini.

Salah satu pemudik  mengaku, dengan menggunakan jalur alternatif penyeberangan perahu kayu, pihaknya bisa menghemat waktu tempuh dan ongkos. Sebab, melalui jalur utama, kemacetan panjang akan mengintai mereka.
 
Akibat lonjakan para pemudik yang menggunakan jalur alternatif penyeberangan perahu kayu di sungai Brantas ini, pemilik jasa penyeberangan terpaksa melakukan pembatasan angkut. Mobil pribadi yang hendak menyeberang, dibatasi maksimal 4 buah mobil, sementara roda dua, 15 buah.
 
Alasan mereka, jika tidak dilakukan pembatasan, kapal tersebut bisa penuh, dan timbul insiden yang tidak diinginkan. Sementara dalam lebaran ini, untuk satu unit mobil, dipatok ongkos sebesar Rp 10 ribu, sementara sepeda motor, tiga ribu rupiah.
 
Menurut pemilik perahu, dalam sehari pihaknya bisa mengangkut lebih dari 200 unti mobil perhari, sedangkan sepeda motor 500 hingga 800 unit. (tur)

Berita Terkait


Jembatan Putus, Warga Gunakan Perahu Tambang

Hindari Kemacetan, Ratusan Pemudik Pilih Jalur Alternatif Perahu Tambang.


Jembatan Putus, Warga Gunakan Perahu Tambang

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber