Berita Terbaru :
Terpidana Korupsi Panwaslu Kembalikan Uang Rp 151 Juta
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
   

BI Dorong UMKM Sebagai Kekuatan Baru di Era Digital
Malang Raya  Minggu, 22-11-2020 | 00:20 wib
Reporter : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com, Bank Indonesia senantiasa mendukung pemerintah menjadikan UMKM sebagai kekuatan baru perekonomian, baik di level daerah maupun nasional. Terlebih, di masa pandemi covid-19 seperti saat ini, UMKM butuh kreativitas, digitalisasi, dan sinergi.

Setidaknya, terdapat tiga kunci untuk menciptakan nilai tambah dalam memajukan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sebagai kekuatan baru perekonomian di era digital. Yakni, kreativitas dengan meningkatkan nilai tambah produk UMKM, digitalisasi melalui inisiasi UMKM go digital dan integrasi ekonomi keuangan digital, dan sinergitas kebijakan nasional pusat dan daerah.

Untuk meningkatkan akses pasar UMKM, Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI). Sehingga UMKM binaan dan mitra BI didorong secara kontinyu untuk terus dapat melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar yang berorientasi ekspor, dan dapat memanfaatkan platform digital, agar dapat menembus pasar luar negeri.

Azka Subhan Aminurridho, Kepala kantor BI Malang, dalam mendukung penyelenggaraan KKI 2020, BI Malang turut menyelenggaran kegiatan pameran melalui showcasing display produk UMKM di Hotel Tugu, Kota Malang.

"Yang diikuti sebanyak 14 UMKM mitra BI Malang, sehubungan dimasa pandemi covid-19 yang masih berlangsung, seluruh rangkaian kegiatan dilakukan dengan standar protokol kesehatan yang ketat," terang Azka.

Salah satu peserta KKM asal Malang, Marliadi, mengaku, jika pameran ini membantu dirinya untuk memperkenalkan produknya secara luas. "Terlebih, kegiatan ini juga digelar secara virtual," ucapnya.

Mengingat dimasa pandemi covid-19 ini, dirinya juga menyiapkan produknya dengan harga murah, namun dengan kualitas yang baik.
Untuk diketahui, KKI 2020 ini diselenggarakan dengan konsep virtual dan dilakukan secara berseri.

Dengan digelarnya KKI 2020 ini diharapkan dapat mensosialisasikan dan mempublikasikan kepada masyarakat mengenai peran BI dalam pengembangan UMKM, khususnya ditengah pandemi covid-19. (yos)


Berita Terkait

BI Dorong UMKM Sebagai Kekuatan Baru di Era Digital

Libur Panjang Kemarin, Perputaran Uang di Kediri Capai Rp 100 Miliar

Bank Indonesia: Rupiah Rp 15 Ribu Beda dengan Krisis 1998

Bank Indonesia Distribusikan Uang Baru ke Pulau Terpencil
Berita Terpopuler
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
Politik  2 jam



Cuplikan Berita
Puting Beliung Terjang 2 Desa, Satu Rumah Roboh Puluhan Rusak
Pojok Pitu

Ratusan Anggota Linmas Demo Managemen Perumahan
Pojok Pitu

Pria 35 Tahun yang Lumpuh Mulai Mendapatkan Bantuan
Jatim Awan

Diterjang Angin Kencang, Belasan Rumah Porak Poranda
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber