Berita Terbaru :
Pilkada Menjadi Kewaspadaan Jangan Sampai Terjadi Klaster Baru
Terpidana Korupsi Panwaslu Kembalikan Uang Rp 151 Juta
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
   

Ajukan Kasasi Pendiri Koperasi Malah Teradili
Tapal Kuda Dan Madura  Sabtu, 21-11-2020 | 09:36 wib
Reporter : Farid fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Pendiri koperasi mitra perkasa kota probolinggo ajukan kasasi ke mahkamah agung dalam sengketa keuangan koperasi. Namun pengajuan kasasi ini justru teradili. Dalam amar putusan kasasi MA nomor 576 tahun 2020, tergugat harus mengambalikan uang pinjaman ke koperasi sekitar 146 milyar rupiah. Dengan kondisi ini, pihak tergugat akan meminta klarifikasi ke mahkamah agung dan dilanjutkan pengajuan peninjauan kembali.

Mungkin ini yang dialami Zulkifli Chalik, pendiri koperasi mitra perkasa, kota probolinggo, yang malah teradili setelah mengajukan permohonan kasasi ke Mahkamah Agung.

Dalam babak baru sengketa koperasi mitra perkasa ini, Zulkifli selaku pendiri mengajukan kasasi ke mahkamah agung, soal uang 15 milyar merupakan kelebihan tagihan yang tidak terbayar oleh welly sukarto yang merupakan pemilik sekaligus ketua koperasi mitra perkasa saat ini.

Sayangnya hasil dari kasasi yang diajukan terbit putusan kasasi dengan nomor 576 tahun 2020, yang berisi justru mengadili pemohon kasasi.

Dalam amar putusan, MA mengabulkan permohonan kasasi dari Zulkifli Chalik, dan membatalkan putusan pengadilan tinggi surabaya nomor 266, PDT,2019,PT, Surabaya tanggal 27 mei 2019, yang mengungatkan putusan pengadilan negeri probolinggo nomor 37,PDT.G,2018, PN PBL, tanggal 28 februari 2019.

MA mengadili pemohon, dan harus mengembalikan uang pinjaman sekitar 146 milyar rupiah yang tidak sesuai prosedur. Selain itu, juga harus membayar bunga sebesar 6 persen.

Menurut Abdul Wahab, selaku kuasa hukum Zulkifli Chalik, sebelum mengajukan peninjauan kembali atau PK, pihaknya bersama tim akan meminta klarifikasi soal keredaksional amar putusan MA tersebut. Abdul Wahab menilai, diduga ada kekeliruan hasil putusan kasasi ini, pasalnya pihaknya mengajukan kasasi, malah teradili.
 
Sementara itu menurut Putut Punawarman, penasehat hukum dari pemilik koperasi mitra perkasa saat dikonfimasi melalui ponselnya, putusan tersebut merupakan hasil dari penilaian atau musyawarah hakim agung. Hakim agung memiliki kewenangan dalam menilai pengajuan kasasi pemohon. Diduga ada penerapan hukum keliru dari pemohon, sehingga hakim agung MA justru mengadili pemohon dan sudah bersifat final.
Seperti diketahui, terjadi jadi sengketa koperasi mitra perkasa hingga terjadi polemik antara pendiri koperasi dan pemilik koperasi saat ini. (yan)

Berita Terkait

Ajukan Kasasi Pendiri Koperasi Malah Teradili

Walikota Minta Koperasi Tidak Melibatkan Debt Collector

Pakar Hukum Sebut Sri Untari Bisowarno Sebagai Ketua Umum Dekopin yang Tepat untuk Periode 2019-2024

Tak Sesuai Aturan, Puluhan Koperasi di Lumajang Terancam Ditutup
Berita Terpopuler
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
Politik  2 jam



Cuplikan Berita
Puting Beliung Terjang 2 Desa, Satu Rumah Roboh Puluhan Rusak
Pojok Pitu

Ratusan Anggota Linmas Demo Managemen Perumahan
Pojok Pitu

Pria 35 Tahun yang Lumpuh Mulai Mendapatkan Bantuan
Jatim Awan

Diterjang Angin Kencang, Belasan Rumah Porak Poranda
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber