Berita Terbaru :
Terpidana Korupsi Panwaslu Kembalikan Uang Rp 151 Juta
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
   

Petugas PPK Kecamatan Pakisaji Berikan Sosialisasi Kepada Anak SMK Sebagai Pemilih Pemula
Malang Raya  Rabu, 18-11-2020 | 01:30 wib
Reporter : Khaerul Anwar
Inilah sekolah menengah kejuruhan budi mulya yang berada di Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, yang menjadi sasaran sosialisasi terhadap pemilih pemula oleh petugas PPK Kecamatan Pakisaji. Foto: Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Pemilihan kepada daerah tinggal menunggu hari saja, namun sebagian prmilih pemula masih belum paham dan tahu siapa calon yang mengikuti pilkada. Seperti siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada diwilayah Pakisaji, Kabupaten Malang yang masih minim tentang cara pemilihan, hingga ketua panitia pemilihan kecamatan pakisaji harus turun tangan mensosialisasikan.

Dalam sosialisasi yang dilakukan ketua PPK Kecamatan Pakisaji, Slamet Mulyono, terhadap siswa yang sudah memiliki hak suara pada Pilkada Kabupaten Malang, ternyata belum mengetahui dengan jelas siapa calon yang mengikuti Pilkada Pilbup Malang.

Bahkan, petugas PPK juga membuat quiz untuk mereka terkait siapa calon yang mengikuti pilkada dan kapan pelaksanaan pilkada dilaksanakan, dengan memberikan hadiah berupa uang saku yang membuat mereka berpikir keras untuk bisa mendapatkan hadiahnya.

Ketua PPK juga memberikan arahan tanggal pencoblosan dan siapa saja kandidat yang mengikuti Pilkada Kabupaten Malang, dan memang masih awam untuk pemilih pemula yang baru akan memberikan suaranya nanti.

Menurut salah satu siswa, Adam Bagus Setiawan, yang mengaku belum mengetahui siapa calon dalam pilkada, dan sebagai pemilih pemula hanya bisa mengikuti saja dengan belum mengetahui dan tidak adanya pelatihan cara mencoblos selama ini.

Sementara menurut Slamet Mulyono, Ketua PPK Kecamatan Pakisaji, mengatakan, telah memberikan sosialisasi kepada pemilih pemula di smk budi mulya namun dalam evaluasi masih banyak yang belum mengetahui dan mengerti tata cara pilkada, serta untuk menekan angka golput diiwlayah pakisaji yang masih tinggi.

Diketahui bahwa sekitar 80 persen siswa smk tersebut sudah berusia 18 dan sudah memiliki hak suara dalam Pilkada Kabupaten Malang, serta tidak ingin angka golput pada pilgub sebelumnya dengan angka golput mencapai 20 ribu terulang kembali. (yos)


Berita Terkait

Petugas PPK Kecamatan Pakisaji Berikan Sosialisasi Kepada Anak SMK Sebagai Pemilih Pemula

Lapas Banyuwangi Gelar Sosialisasi Pemilihan Umum

Manfaatkan Hari Tenang, Polres Perak Bersama Dandim Surabaya Gelar Sosialisasi Pemilu di Gereja

Penyadang Tuna Netra Kabupaten Sidoarjo Siap Sukseskan Pemilu 2019
Berita Terpopuler
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
Politik  2 jam



Cuplikan Berita
Puting Beliung Terjang 2 Desa, Satu Rumah Roboh Puluhan Rusak
Pojok Pitu

Ratusan Anggota Linmas Demo Managemen Perumahan
Pojok Pitu

Pria 35 Tahun yang Lumpuh Mulai Mendapatkan Bantuan
Jatim Awan

Diterjang Angin Kencang, Belasan Rumah Porak Poranda
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber