Berita Terbaru :
Terpidana Korupsi Panwaslu Kembalikan Uang Rp 151 Juta
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
   

Ikan Pindang Khas Bawean Tahan Hingga Dua Bulan
Icip - Icip  Rabu, 11-11-2020 | 08:22 wib
Reporter : Mohammad Amin
Gresik pojokpitu.com, Puau Bawean yang terkenal dengan banyak Ikannya, membuat para nelayan setempat untuk membuka usaha pemindangan ikan atau pembuatan ikan asing, yang dimasukkan dalam kendi dan di bungkus dengan daun jati.

Disaat musim ikan, perkampungan nelayan, di Dusun Dedawang, Desa Teluk Jati Dawang, Kecamatan Tambak Bawean. Rata-rata, nelayan membuat pemindangan ikan alias membuat ikan asing yang bisa tahan hingga 2 bulan. Pembuatan ikan asin yang bisa tahan lama tersebut, tanpa menggunakan bahan pengawaet sama sekali.

Gofffar, pembuat ikan pindang asal Dedawang Bawean,menjelaskan, proses pembuatan ikan pindang atau ikan asing khas bawean, hanya mebutuhkan beberapa bahan, yakni kendi, garam, jerami, serta air laut yang bening. Setelah ikan diturunkan dari perahu di tengah laut, ikan rencek atau sejenis ikan sarde  langsung di siram dengan air laut, biar bersih.

Setelah bersih, ikan ikan di masukkan ke dalam kendi ukuran kecil. Sebelum ikan dimasukkan ke dalam kendi terlebih dahulu di dalam kendi diberi jerami. Baru ditasnya diberi ikan hingga kendi enh, jumlah ikan berkisar sepuluh hingga sebelas ekor ikan, setiap kendinya.

Lalu diberi garam secukupnya dan selanjutnya di beri air laut yang bersih, dan kendi dipanaskan di atas tunku panjang hingga 25 menit. Setelah matang, kendi dibuang airnya dan kembali diberi garam hingga penuh, baru selanjutnya ikan di ditutup dengan daun jati, dan siap dikirim ke berbagai pelosok kota di Pulau Jawa.

Satu kendinya hargnya tujuh ribu lima ratus rupiah dan ikan yang ada didalam kendi tersebut bisa tahan hingag dua bulan. Bagi  pembuat  ikan pindang, mereka sangat menjaga supaya selama proses pemindangan tidak sampai kemasukan air tawar karena bila ada air tawarnya, ikan tak akan bertahan lama, bahkan bisa busuk .

Di Dusun Dedawang, ada sekiatr 60 tempat pembuatan ikan pindang dan setelah ribaun bungkus, baru ikan ikan tersebut dikirim ke kapal. Dan Di Bawean, ada beberapa daerah yang membuat ikan pindang, seperti di kampung nelayan dedawang,  Desa Tambak dan Kepuh serta di daerah Bangsal, Sangkapura.

Mereka berharap ada bantuan dari dinas terkait, supaya ketika musim ikan melimpah, ikan-ikan tidak hanya dijadikan ikan pindang. tapi bisa dibuat aneka macam ikan olahan lainnya. (yos)

Berita Terkait

Perangi Covid-19, Dipertahankan Bagi - Bagi Paket Olahan Ikan

Buruh Aksi ke Jalan Tuntut Kenaikan UMK

Tukar Emas Batangan Dengan Ikan Cupang Gold

Cuaca Ekstrim Ancaman Pembudidaya Koi di Nglegok
Berita Terpopuler
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
Politik  2 jam



Cuplikan Berita
Puting Beliung Terjang 2 Desa, Satu Rumah Roboh Puluhan Rusak
Pojok Pitu

Ratusan Anggota Linmas Demo Managemen Perumahan
Pojok Pitu

Pria 35 Tahun yang Lumpuh Mulai Mendapatkan Bantuan
Jatim Awan

Diterjang Angin Kencang, Belasan Rumah Porak Poranda
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber