Berita Terbaru :
Terpidana Korupsi Panwaslu Kembalikan Uang Rp 151 Juta
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
   

Sering Ditegur BPK, Laporan Bos Dibangkalan Dilakukan Secara Online
Teknologi  Selasa, 10-11-2020 | 19:00 wib
Reporter : Moch Sahid
Bangkalan pojokpitu.com, Sering mendapatkan teguran dari BPK terkait laporan pengelolaan bos, Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan mencanangkan 2021 laporan bos di tingkat SD dan SMP dilakukan secara online.

Minimnya kapasitas SDM sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, utamanya tentang pelaporan bantuan operasi sekolah seringkali mengakibatkan keterlambatan yang berdampak pencairan bos di Bangkalan seringkali tidak tepat waktu.

Permasalahan ini juga sering menjadi sorotan bpk saat melakukan audit keuangan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pelaporan bos di bangkalan mulai tahun 2021 dijenjang SD dan SMP baik negeri maupun swasta akan dilaksanakan secara online.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan mulai mengenalkan aplikasi e-bos plus kepada seluruh operator bos di tiap-tiap sekolah yang ada di bangkalan.

Hal ini dibenarkan Kadisdik Bangkalan, Bambang B Mustiko, bahwa E-Bos plus ini berawal seringkali terjadinya kasus dalam hal pelaporan bos yang menjadi sorotan BPK, sehingga harus dilakukan inovasi agar permasalahan tersebut tidak terus terulang kembali.

Sedangkan menurut salah satu operator bos di salah satu sekolah yang mengikuti pelatihan, Halim, aplikasi yang diluncurkan Disdik Bangkalan ini lebih mudah dan simple dibandingkan dengan pelaporan bos sebelumnya.

Aplikasi E-Bos plus selain memiliki fitur dalam hal perencanaan rkas sampai dengan tahap pelaporan keuangan bos juga memiliki fitur tentang pelaporan aset, sehingga dengan terintegrasinya aplikasi ini tidak ada alasan lagi sekolah terlambat saat pelaporan bos. (yos)



Berita Terkait

Sering Ditegur BPK, Laporan Bos Dibangkalan Dilakukan Secara Online

Polisi Ciptakan Laporan Kehilangan Via Aplikasi, Cegah Penyebaran Covid19

Berkreasi di Hari Santri Nasional, Para Santri Cipta Aplikasi Multi Manfaat

Hadapi Era Digital, Para Santri Ciptakan Aplikasi NU Hub Digital Valley
Berita Terpopuler
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
Politik  2 jam



Cuplikan Berita
Puting Beliung Terjang 2 Desa, Satu Rumah Roboh Puluhan Rusak
Pojok Pitu

Ratusan Anggota Linmas Demo Managemen Perumahan
Pojok Pitu

Pria 35 Tahun yang Lumpuh Mulai Mendapatkan Bantuan
Jatim Awan

Diterjang Angin Kencang, Belasan Rumah Porak Poranda
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber