Berita Terbaru :
Pilkada Menjadi Kewaspadaan Jangan Sampai Terjadi Klaster Baru
Terpidana Korupsi Panwaslu Kembalikan Uang Rp 151 Juta
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
   

Negara Ini Bikin Aplikasi Pesan Singkat Mirip WhatsApp
Teknologi  Senin, 02-11-2020 | 09:24 wib
Reporter :
pojokpitu.com, Angkatan Darat India dilaporkan baru saja meluncurkan aplikasi pesan singkat bernama Secure Application for the Internet (SAI). Aplikasi tersebut dikatakan mirip WhatsApp dan Telegram.

Selain itu, aplikasi ini diklaim aman dan bisa dipakai di smartphone berbasis Android. Kehadiran aplikasi ini merupakan kabar baik. Pasalnya, aplikasi ini sejalan dengan India yang memang berniat ingin menghadirkan aplikasi pesan singkat mirip WhatsApp dan Telegram. Kementerian Pertahanan India mengatakan, aplikasi SAI ini mendukung layanan panggilan suara maupun video hingga penggiriman teks.

Bahkan seperti WhatsApp dan Telegram, SAI ini dikatakan memiliki keamanan end-to-end. "Model (SAI) ini mirip degan perpesanan yang tersedia secara komersial seperti WhatsApp, Telegram, SAMVAD dan GIMS dan menggunakan protokol perpesanan terenkripsi end-to-end," kata Kementerian Pertahanan India seperti dikutip dari Republicworld, Minggu (1/11).

Ia menambahkan, SIA punya fitur keamanan dengan server dan pengkodean internal lokal, yang mana dapat diubah sesuai kebutuhan. Namun sebelum dirilis, SAI telah diperiksa oleh auditor setempat.

Selain itu juga, proses pengajuan Hak Kekayaan Intelektual pun tengah diproses. SAI sendiri tampaknya bukan untuk masyarakat umum. Aplikasi serupa WhatsApp dan Telegram ini diperuntukkan untuk militer India sebagai saranan pengiriman pesan yang aman. (ddy/jpnn/end)




Berita Terkait

Negara Ini Bikin Aplikasi Pesan Singkat Mirip WhatsApp
Berita Terpopuler
Becana Hidrometereologi Sedang Mengacam Jawa Timur
Politik  2 jam



Cuplikan Berita
Puting Beliung Terjang 2 Desa, Satu Rumah Roboh Puluhan Rusak
Pojok Pitu

Ratusan Anggota Linmas Demo Managemen Perumahan
Pojok Pitu

Pria 35 Tahun yang Lumpuh Mulai Mendapatkan Bantuan
Jatim Awan

Diterjang Angin Kencang, Belasan Rumah Porak Poranda
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber