Berita Terbaru :
Ratusan Badan Penyelenggara Adhock Ikuti Rapid Test Massal Susulan
Penyelesaian Sortir dan Lipat Surat Suara Molor
Polisi Tangkap Penadah Mobil Rental
Aplikasi Belajar Buatan Dinas Pendidikan Ngawi Bermasalah
   

Kokedama, Inovasi Serabut Kelapa Jadi Media Tanaman Hias
Life Style  Sabtu, 31-10-2020 | 08:10 wib
Reporter : Ega Patria
Dari hasil kreatifitasnya tersebut 1 set kokedama dirinya menjual mulai dari Rp 45 ribu hingga Rp 185 ribu rupiah sesuai dengan tingkat kesulitanya. Foto: Ega Patria
Madiun pojokpitu.com, Seorang santri di Kota Madiun berinovasi dengan memanfaatkan limbah serabut kelapa menjadi media tanaman hias nan cantik. Dengan teknik asal jepang kokedama , dirinya bisa mendapatkan uang Rp 45 hingga Rp 185 ribu per 1 pot kokedama.

Bagi anda penyuka atau hobi tanaman hias mungkin nama kokedama sudah tidak asing lagi. Namun, bagi pemula yang awam dengan nama-nama tanaman hias, kokedama mungkin sangat asing. Lalu apakah kokedama itu?

Kokedama adalah semacam metode cara menanam tanaman yang mana tanaman ditanam tanpa menggunakan pot, sebab media tanam atau ruang hidupnya sudah terbalut penuh dengan media tanam.

Kokedama merupakan teknik tanaman hias  yang berasal dari Jepang, yaitu koke artinya lumut dan dama adalah bola. Kini tanaman hias ini mulai menjadi tren dan kekinian lantaran cara merawatnya sangat mudah.

Nur Huda, seorang santri di salah satu pondok pesantren di Kota Madiun ini mengadu nasib dengan membuat media tanam unik tersebut. Dengan menggunakan bahan dasar limbah serabut kelapa dengan keahlianya mampu membuat 10 hingga 15 kokedama.

Cara cukup mudah, balut tanah campuran kompos dan gilingan kulit padi dengan serabut kelapa. Setelah berbentuk bulat ikat dengan benang memutar sehingga bentuk kokedama bulat sempurna.

Dengan berbekal media sosial ,banyak pecinta tanaman hias yang tertarik dengan hasil karyanya tersebut. Bahkan kokedama buatanya  tembus pasar luar pulau. (yos)




Berita Terkait

Kokedama, Inovasi Serabut Kelapa Jadi Media Tanaman Hias
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Kejam, Sesosok Bayi Mungil Ditelantarkan di Pos Ronda
Pojok Pitu

Tebing Dipadat Pemukiman Longsor, Rumah Warga Nyaris Ambruk
Pojok Pitu

Diguyur Hujan Lebat Satu Jam, Sejumlah Ruas Jalan Protokol Tergenang Banjir
Jatim Awan

Lahar Dingin Gunung Semeru Penuhi Sungai Besuk
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber