Berita Terbaru :
Penyelesaian Sortir dan Lipat Surat Suara Molor
Polisi Tangkap Penadah Mobil Rental
Aplikasi Belajar Buatan Dinas Pendidikan Ngawi Bermasalah
   

Kisah Nenek 105 Tahun Sembuh Covid-19
Covid-19  Sabtu, 31-10-2020 | 00:02 wib
Reporter : Juli Susanto
Surabaya pojokpitu.com, Puluhan ribu penyitas covid-19 di Jawa Timur, berhasil sembuh setelah berjuang melawan virus yang masih mewabah di Indonesia. Salah satunya seorang nenek berusia 105 tahun asal Surabaya, yang berhasil sembuh setelah menjalani isolasi di rumah sakit.

Kamtin, nenek berusia 105 tahun, menjadi satu dari puluhan ribu penyitas , atau pasien yang berhasil sembuh dari covid-19, setelah divonis terpapar covid-19 saat tinggal dengan anak sulungnya di kawasan pasar tradisional di Jalan Gresik PPI, Surabaya pada Mei 2020 lalu.

Dimana saat itu pasar tersebut menjadi kluster penyebaran covid setelah puluhan pedagang serta warga setempat terpapar covid-19.

Saat itu, Kamtin sang nenek seabad lebih, mengeluh sakit dibagian perut dan dibawa ke Rumah Sakit Al Irsyad Surabaya. Setelah dilakukan rapid tes, ternyata menunjukkan hasil raktif sehingga langsung dirujuk ke Rumah Sakit PHC Surabaya, untuk dilakukan tes swab.

Hasil Swab di rumah sakit PHC pun juga menunjukkan bahwa kamtin dinyatakan positif covid-19. Namun karena saat menjalani proses isolasi selama satu bulan di Rumah Sakit PHC Surabaya, Kamtin bisa mengendalikan emosi serta selalu disiplin dalam menerapkan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi buah dan sayuran, akhirnya pada pertengahan Mei, ia akhirnya dinyatakan sembuh dari covid-19, dan diperbolehkan pulang.

Sementara itu, Kamtin juga sempat bercerita dengan logat bahasa jawa, bahwa sejak muda, dirinya memang gemar mengkonsumsi jamu herbal yang diyakini bisa membuat tubuhnya lebih bugar.

Selain itu, makanan tradisional seperti otak-otak bandeng serta sayuran segar yang ditumis, juga menjadi makanan kegemarannya untuk menjaga tubuhnya tetap sehat dari paparan beragam penyakit.

Sementara, dr. Ngurah Arie Kapindra, dokter jaga rumah sakit lapangan kogabwilhan dua Jalan Indrapura Surabaya, yang merupakan rumah sakit rujukan covid-19 di jawa timur, mengatakan masyarakat dihimbau tidak perlu resah, atau termakan stigma jika pasien yang telah dinyatakan sembuh bisa membawa virus dan menularkan covid-19 .

"Meski pasien sembuh masih memiliki berpeluang kembali terjangkit, namun dipastikan tidak akan menularkan, terutama jika masyarakat mematuhi protokol kesehatan dan mematuhi 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak serta mencuci tangan," terangnya.

Selain itu, penyitas juga dalam pengawasan tim medis serta tim relawan, yang memberikan pendampingan. Para penyitas , atau pasien yang dinyatakan sembuh oleh tim dokter, merupakan pasien yang terus mendapat pemantauan dari tim medis dan relawan.

Sementara dari data yang dikeluarkan pemerintah Jawa Timur pada 28 Oktober 2020, total pasien terkonfirmasi hingga saat ini mencapai 51.752, dari total tersebut 45.683 pasien dinyatakan sembuh, dan 2.345 pasien dalam perawatan. Sementara 3.724 dinyatakan meninggal dunia akibat covid-19. (yos)

Berita Terkait

Balita Umur 16 Bulan Sembuh Dari Covid Setelah Dirawat di RS Lapangan Kogabwilhan II

Usai Sembuh Dari Corona Kiai Pesantren Kembali Mengajar

Kisah Nenek 105 Tahun Sembuh Covid-19

Terapi Dzikir, Alquran Tingkatkan Imun, Sembuhkan Covid 19
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Kejam, Sesosok Bayi Mungil Ditelantarkan di Pos Ronda
Pojok Pitu

Tebing Dipadat Pemukiman Longsor, Rumah Warga Nyaris Ambruk
Pojok Pitu

Diguyur Hujan Lebat Satu Jam, Sejumlah Ruas Jalan Protokol Tergenang Banjir
Jatim Awan

Lahar Dingin Gunung Semeru Penuhi Sungai Besuk
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber