Berita Terbaru :
Ratusan Badan Penyelenggara Adhock Ikuti Rapid Test Massal Susulan
Penyelesaian Sortir dan Lipat Surat Suara Molor
Polisi Tangkap Penadah Mobil Rental
Aplikasi Belajar Buatan Dinas Pendidikan Ngawi Bermasalah
   

Peneliti Unej Temukan Melinjo Berpotensi Suplemen Cegah Covid 19
Pendidikan  Jum'at, 23-10-2020 | 02:14 wib
Reporter : Felli Kosasi
Jember pojokpitu.com, Tim Peneliti Universitas Jember, menemukan suplemen super yang berbahan dasar melinjo atau gnetum gnemon. Suplemen ini diklaim bisa mengarah ke suplemen pencegahan covid 19, karena suplemen ini bisa menyembuhkan sakit kanker paru paru yang juga menyerang pernafasan seperti covid 19.

Di ruang laboratorium milik Fakultas Pertanian Universitas Jember Inilah, suplemen super ditemukan oleh salah satu peneliti bahkan guru besar fakultas pertanian, profesor Tri Agus Siswoyo.

Suplemen super ini dapat berpotensi menyembuhkan lima macam penyakit kanker. Salah satunya penyakit kanker paru-paru, nah penyakit kanker paru paru, hampir mirip dengan covid 19, karena yang diserang pernapasan manusia.

Pertama kali profesor Tri Agus ini menemukan kandungan antikanker pada melinjo , saat melakukan riset melinjo dalam rangka post doctoral di gyeongsang national university,korea selatan pada tahun 2019. Melinjo memiliki kandungan protein dan nonprotein yang banyak mengandung zat antihipertensi, antioksidan, antiperadangan, antikanker yang berguna bagi tubuh manusia.

Tri Agus mengatakan pihaknya sedang mengembangkan kandungan protein dari melinjo yang berguna bagi antihipertensi.
Caranya yakni dengan mengisolasi protein dari melinjo hingga menghasilkan peptida aktif yang dengan bantuan bakteri tertentu selanjutnta akan dimasukkan ke padi, sehingga padi tersebut bisa mengandung antihipertensi.

Padi yang memiliki kandungan antihipertensi dari melinjo dikenal sebagai nutraceutical, dengan kata lain makanan sebagai obat dan obat sebagai makanan, hal ini juga akan dilakukan pada penyakit covid 19 yang mematikan dan membuat geger seisi dunia.  

"Namun, masih perlu dilakukan penelitian lanjutan supaya nutraceutical bisa dinikmati oleh masyarakat luas," terangnya. (yos)


Berita Terkait

Peneliti Unej Temukan Melinjo Berpotensi Suplemen Cegah Covid 19
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Kejam, Sesosok Bayi Mungil Ditelantarkan di Pos Ronda
Pojok Pitu

Tebing Dipadat Pemukiman Longsor, Rumah Warga Nyaris Ambruk
Pojok Pitu

Diguyur Hujan Lebat Satu Jam, Sejumlah Ruas Jalan Protokol Tergenang Banjir
Jatim Awan

Lahar Dingin Gunung Semeru Penuhi Sungai Besuk
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber