Berita Terbaru :
Pertahankan Tradisi Gembrungan di Tengah Pandemi
Long Weekend, Puluhan Orang Terjaring Operasi Zebra dan Operasi Yustisi
Traffic Light Padam, Lalu Lintas Simpang Empat Kartonyono Semrawut
Disporapar Gelar Lomba Cipta Masker
Tes Swab Guru SMP Hampir Selesai
Libur Panjang Jasa Penitipan Kucing Laris Manis
Wisata Edukasi Kayu Putih Manyung
Libur Panjang, Kampung Cokelat Terapkan Protokol Kesehatan yang Ketat
Polisi Ciptakan Laporan Kehilangan Via Aplikasi, Cegah Penyebaran Covid19
   

Begini Cara Memodifikasi Jok Sepeda Motor agar Tampil Keren dan Nyaman
Otomotif  Minggu, 11-10-2020 | 08:22 wib
Reporter :
Jakarta pojokpitu.com, Tak jarang, pengguna sepeda motor melakukan modifikasi jok sepeda motor agar terasa lebih nyaman saat berkendara. Namun ada beberapa cara yang perlu diketahui dalam memodifikasi jok.

Perlu digarisbawahi, memodifikasi jok sepeda motor tetap harus dilakukan dengan benar agar tidak mengurangi kenyamanan, dan tentunya mengedepankan unsur keamanan. Safety Riding Dept Head PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky mengatakan, jok dengan spesifikasi standar pabrik merupakan yang paling sesuai. Hal itu lantaran jok sudah melewati proses standarisasi dan pengetesan dari beberapa aspek, mulai kenyamanan hingga sisi safety.

"Jika ingin memodifikasi, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan pengguna sepeda motor. Terdapat beberapa poin yang akan berubah saat kita mengganti jok standar dengan model lain atau peranti modifikasi," kata Lucky dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/10).

Lucky pun memberikan tiga cara untuk memodifikasi jok sepeda motor agar tetap nyaman ketika berkendara.

Tebal-tipis Jok

Secara batasan, sebenarnya tidak ada ukuran baku, karena beda desain sepeda motor akan berbeda pula model dan ketebalan jok. Hal ini karena tebal ataupun tipisnya jok akan sangat memengaruhi posisi berkendara dan kenyamanan saat sepeda motor dikendarai.

Ukuran ketebalan jok wajib disesuaikan dengan aspek kenyaman dan keselamatan. Tekstur atau Bahan Tekstur lapisan jok wajib lentur dengan bahan dasar tidak licin saat diduduki oleh pengendara.

Jok yang licin akan berdampak pada kenyamanan dan juga berpengaruh pada keselamatan. Bisa dirasakan pada saat pengereman, jok yang licin menyebabkan pengendara mudah bergerak ke depan, sehingga proses pengereman menjadi tidak maksimal.

Sementara lapisan jok yang tidak lentur akan mudah sobek dan merusak bagian jok lainnya, seperti busa. "Kalau lapisan jok sudah sobek, air akan mudah masuk melalui lapisan tersebut. Saat terjadi endapan air pada busa dalam waktu yang lama, maka struktur busa akan berubah menjadi keras dan mengganggu kenyamanan saat berkendara," ujarnya.

Ergonomi

Ketika memodifikasi jok sepeda motor, secara ergonomi akan berubah. Misalnya, saat melakukan penipisan pada busa jok, maka posisi berkendara akan berubah di bagian lutut, siku dan pandangan.

Begitu pula sebaliknya, saat menebalkan atau meninggikan jok, posisi pinggul pengguna akan lebih naik dibandingkan dengan penggunaan jok standar.

"Perubahan tersebut akan menyebabkan pengendara tidak nyaman, dan mudah lelah saat berkendara, serta dapat berdampak negatif pada kestabilan dan kenyamanan berkendara," kata Lucky. (ddy/jpnn/end)




Berita Terkait

Begini Cara Memodifikasi Jok Sepeda Motor agar Tampil Keren dan Nyaman
Berita Terpopuler
Polisi Ciptakan Laporan Kehilangan Via Aplikasi, Cegah Penyebaran Covid19
Teknologi  9 jam

Libur Panjang, Kampung Cokelat Terapkan Protokol Kesehatan yang Ketat
Mlaku - Mlaku  8 jam

Wisata Edukasi Kayu Putih Manyung
Mlaku - Mlaku  7 jam

Libur Panjang Jasa Penitipan Kucing Laris Manis
Peristiwa  6 jam



Cuplikan Berita
Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk, Dua Rumah Petak Ludes Terbakar
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Kafe di Area Alon-Alon Kota Terbakar
Pojok Pitu

Terjatuh Dari Motor Curiannya, Pelaku Babak Belur Dimassa
Jatim Awan

Banjir Lahar Ganggu Aktivitas Warga dan Penambang
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber