Berita Terbaru :
Kalangan Millenial Dominasi Pelanggar Protkes di Bangkalan
   

Pandemi Covid-19, Perajin Muda Produksi Masker Batik Motif Kekinian
Life Style  Sabtu, 10-10-2020 | 05:24 wib
Reporter : Yanu Priyoso
Pembuatan masker oleh rekan Holis ini diawali dengan sketsa batik, kemudian dilanjutkan dengan pencantingan menggunakan malam sebagai awalan menentukan model dan motif.
Bondowoso pojokpitu.com, Pandemi covid-19 membuat warga harus patuh protokol kesehatan. Di Bondowoso, perajin muda membuat masker batik dengan motif kekinian. Selain nyaman dipakai serta bebas menentukan desain dan warna, masker ini terdiri dari 2 lapis kain yang sangat aman dan melindungi pemakainya.

Di era new normal pandemi covid-19, masyarakat harus patuh protokol kesehatan saat menjalankan aktifitas sehar-hari. Di Kabupaten Bondowoso, tepatnya di desa kemirian kecamatan tamanan. Perajin batik yang didominasi anak muda membuat masker batik dengan model dan motif kekinian.

Pembuatan masker ini sama dengan batik pada umumnya, diawali dengan sketsa batik, kemudian dilanjutkan dengan pencantingan menggunakan malam sebagai awalan menentukan model dan motif. Selanjutnya, yakni proses pewarnaan, dimana produksi batik di sanggar ini didominasi dengan warna cerah yang dipadukan, atau sering disebut dengan istilah gradasi warna.

Menurut Holis, seorang perajin ijen batik tamanan, pembuatan masker batik sebagai bentuk kampanye hidup sehat dengan masker mencegah penyebaran covid-19. Ada dua macam masker batik, yakni batik cap dan batik tulis. Pemesan masker juga dapat menentukan sendiri motif serta warna masker pesanannya.

Selain variatif dan menarik, masker ijen batik tamanan, juga dibuat dengan standar kesehatan, yakni dengan dua lapis kain yang tentunya dapat melindungi pemakainya.

"Untuk harga, masker batik cap dijual dengan harga Rp 15 ribu sampai Rp 20 ribu. Sedangkan untuk jenis batik tulis, per masker dijual dengan harga Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu, tergantung kerumitan motif dan jenis kain," kata Holis.

Selama pandemi, pemasaran hasil batik siap jual dilakukan secara online. Pemesan pun datang dari beberapa daerah, seperti Surabaya, Bandung, Jakarta, seluruh wilayah tapal kuda Jawa Timur, bahkan hingga beberapa daerah di Pulau Sulawesi.(yan)

Berita Terkait

Pandemi Covid-19, Perajin Muda Produksi Masker Batik Motif Kekinian

Masker Batik Merah Putih Kemerdekaan Banyak Diburu Warga

Perajin Kota Batu Buat Masker Batik Tulis

Memberikan Sosialisasi Tentang Covid 19, Kelompok Disabilitas Membuat Batik Motif Corona
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Hujan Disertai Angin Tumbangkan Pohon
Pojok Pitu

Puting Beliung Terjang 2 Desa, Satu Rumah Roboh Puluhan Rusak
Pojok Pitu

Lahar Dingin Gunung Semeru Penuhi Sungai Besuk
Jatim Awan

Pecah Ban Elf Terguling di Jalur Tol, 1 Tewas
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber