Berita Terbaru :
   

Manfaatkan Limbah Kulit Buah Naga, Pelajar SMPN 40 Buat Teh Kubuna
Teknologi  Minggu, 04-10-2020 | 10:35 wib
Reporter : Yusmana Windarto
Syadza Khalila Tsuraya, pelajar kelas 9 SMPN 40 Surabaya yang juga finalis Putri Lingkungan 2020.
Surabaya pojokpitu.com, Syadza Khalila Tsuraya, pelajar kelas 9 SMPN 40 Surabaya ini punya cara tersendiri untuk melepas kebosanan selama pandemi covid-19. Finalis Putri Lingkungan 2020 ini tetap berkreasi membuat limbah kulit buah naga menjadi minuman teh yang dipercaya meningkatkan imunitas.

Meski dituntut untuk lebih banyak beraktifitas di dalam rumah, namun Syadza Khalila Tsuraya, pelajar kelas 9 SMPN 40 Surabaya justru makin berkreasi. Gadis finalis Putri Lingkungan 2020 yang digelar Pemkot Surabaya ini memanfaatkan limbah kulit buah naga, menjadi munuman teh yang memiliki khasiat postitif bagi tubuh.
 
Ide pemanfaatan kulit buah naga ini berawal dari kegemarannya makan buah naga. Melihat kulit buah naga yang terbuang, gadis kelahiran Purwodadi ini mencari cara untuk memanfaatkan limbah tersebut.
 
"Cara pembuatannya, yaitu mencuci bersih limbah kulit buah naga, dan memotongnya kecil kecil berbentuk dadu. Setelah dijemur hingga kering, limbah kulit buah naga ini, direbus dalam air mendidih hingga air berubah warna kemerahan," kata Syadza Khalila Tsuraya.
 
Selanjutnya, air rebusan ini disaring dan siap dihidangkan. Untuk menambah selera, air rebusan kulit buah naga ini bisa ditambahkan madu secukupnya.
 
"Pihak sekolah sangat mendukung kreatifitas anak didik. Selain itu, pihak sekolah juga akan memberikan bimbingan yang diperlukan," tutur Eko Widayani, Kepala SMPN 40 Surabaya.
 
Dengan kemampuan mengolah kulit buah naga ini, justru membawa nama Syadza menuju fase final Pangeran - Putri Lingkungan 2020. Oleh Syadza, teh kulit buah naga ini dinamakan teh kubuna dan dibagikan pada bapak ibu guru pendidik di sekolahnya.(end)



Berita Terkait

Manfaatkan Limbah Kulit Buah Naga, Pelajar SMPN 40 Buat Teh Kubuna
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Hujan Disertai Angin Tumbangkan Pohon
Pojok Pitu

Puting Beliung Terjang 2 Desa, Satu Rumah Roboh Puluhan Rusak
Pojok Pitu

Lahar Dingin Gunung Semeru Penuhi Sungai Besuk
Jatim Awan

Pecah Ban Elf Terguling di Jalur Tol, 1 Tewas
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber