Berita Terbaru :
Mayoritas Pelaku UMKM Belum Manfaatkan Teknologi Digital
Kalangan Millenial Dominasi Pelanggar Protkes di Bangkalan
   

Batik Sukun, Unik Yang Elegan
Malang Raya  Minggu, 04-10-2020 | 04:25 wib
Reporter : Ali Makhrus
Malang pojokpitu.com, Batik merupakan karya seni lukis khas indonesia, dan kekayaan budaya yang sudah diakui oleh dunia. Di Kota Malang sendiri, terdapat berbagai macam motif batik, salah satunya batik sukun, yang diciptakan oleh warga Kecamatan Sukun Kota Malang.

Batik sukun merupakan batik khas Kecamatan Sukun dan menjadi inspirasi dari keberadaan pohon sukun yang banyak tumbuh wilayah tersebut. Pohon sukun dipilih karena pohon sukun merupakan pohon kehidupan, dimana seluruh elemen dari pohon ini dapat dimanfaatkan, mulai dari daun, buah dan batangnya.

Hal tersebut dikatakan Walikota Malang, Sutiaji, saat dirinya menghadiri festival batik sukun di taman makam belanda, atau kuburan londo di Kecamatan Sukun, Kota Malang.

"Batik sukun merupakan karya seni batik yang harus terus dikembangkan dan dilestarikan. Terlebih, dengan berbagai keunikan batik sukun yang elegan. Saya pun berharap, batik sukun dapat sejajar dengan batik-batik khas malang lainnya," terangnya.

Menurut penggiat batik sukun, Nena Bachtiar, awal dibuatnya batik sukun karena diwilayahnya terdapat banyak pohon sukun. Terlebih, pohon sukun merupkanntanaman kehidupan. Dimana mulai batang, daun, hingga buahnya dapat dimanfaatkan oleh manusia.

"Yang membedakan dari batik lainnya, yaitu motif sukun mulai dari buah, batang, dan daun dari pohon sukun yang selalu ada di batik sukun, jelasnya.

Ia menambahkan, pemberdayaan batik sukun di wilayah RW 3 sudah dilakukan sejak 2018 lalu, dan saat ini sudah merambah ke seluruh RW diwilayah Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Di wilayah Kecamatan Sukun Kota Malang, tumbuhan sukun tidak hanya menjadi simbol pohon kehidupan saja. Namun juga dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh warga. Yakni dengan mengolah  daun sukun menjadi teh. (yos)


Berita Terkait

Pandemi Covid 19, East Java Fashion Harmony Akan Kembali Digelar

Sukses Dengan Bisnis Batik Ecoprint di Tengah Pandemi

Sempat Vakum Karena Pandemi Covid-19, Kaum Difabel Bangkit Lagi

Pandemi Covid-19, Perajin Muda Produksi Masker Batik Motif Kekinian
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Hujan Disertai Angin Tumbangkan Pohon
Pojok Pitu

Puting Beliung Terjang 2 Desa, Satu Rumah Roboh Puluhan Rusak
Pojok Pitu

Lahar Dingin Gunung Semeru Penuhi Sungai Besuk
Jatim Awan

Pecah Ban Elf Terguling di Jalur Tol, 1 Tewas
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber