Berita Terbaru :
Jokowi Kecam Keras Presiden Prancis Emmanuel Macron
   

Penipuan Berkedok Menawarkan Layanan Spiritual Jarak Jauh, Korban Alami Kerugian Hingga Belasan Juta
Tapal Kuda Dan Madura  Jum'at, 25-09-2020 | 14:35 wib
Reporter : Iqbal Mustika, Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Hanya dengan menggunakan akun facebook palsu dan foto profil seorang ulama terkenal, seorang pria asal Kota Probolinggo, berhasil menipu puluhan korban dengan nilai kerugian hingga belasan juta rupiah.

Adalah Puji Santoso, seorang pria berusia 27 tahun asal Kota Probolinggo ini hanya bisa pasrah saat digiring polisi untuk mengikuti gelar perkara di Halaman Mapolresta Banyuwangi. Dengan tangan diborgol, pria ini tampak terus tertunduk malu saat kamera sejumlah awak media menyoroti wajahnya.

Pelaku ditangkap polisi di rumahnya pada rabu sore karena kedapatan telah melakukan aksi penipuan kepada 25 orang hingga mengalami kerugian hingga belasan juta rupiah. Untuk meyakinkan seluruh korbannya,  pelaku menggunakan akun facebook palsu dan foto profil seorang ulama kharismatik asal Situbondo.

Modusnya, pelaku menawarkan layanan spiritual jarak jauh atas berbagai permasalahan yang dihadapi para korbannya. Mulai dari ilmu pesugihan, pelaris usaha, hingga layanan perjodohan.

Karena foto profil ulama yang dipasang merupakan ulama terkenal, korban-korbannya pun dengan mudah percaya bahwa akun facebook palsu tersebut benar-benar milik ulama kharismatik yang bisa mengatasi segala permasalahan kehidupan yang dialaminya. 

Para korban yang terjebak bujuk rayu pelaku langsung diminta untuk mengirim sejumlah uang sebagai mahar. alih-alih permasalahannya bisa teratasi.

Para korban yang juga sebagian merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pun malah mendapatkan permasalahan baru karena mengetahui bahwa akun tersebut adalah akun palsu milik penipu.

"Sadar menjadi korban penipuan korban pun melapor kepada polisi, Atas laporan ini polisi langsung melakukan patroli cyber untuk melacak keberadaan pelaku. Hingga akhirnya pelaku ditangkap dan mengakui jika akun tersebut digunakannya hanya untuk melakukan penipuan," kata Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin, Kapolresta Banyuwangi.

Kepada polisi pelaku sudah menjalankan aksi tipu-tipu ini sejak bulan Februari lalu, dari hasil penipuan ini, pelaku sudah berhasil meraup untung sebanyak Rp 15 juta.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat polisi dengan undang undang  ITE dan pasal penipuan yang ancaman hukumannya mencapai enam tahun kurungan penjara. (yos)

Berita Terkait

Penipuan Berkedok Menawarkan Layanan Spiritual Jarak Jauh, Korban Alami Kerugian Hingga Belasan Juta
Berita Terpopuler
Jokowi Kecam Keras Presiden Prancis Emmanuel Macron
Peristiwa  43 menit



Cuplikan Berita
Kapal Motor Muatan Solar Terbakar di Dermaga Pulau Gili Ketapang
Pojok Pitu

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Longsor, Kendaraan Roda 4 Tidak Bisa Melintas
Pojok Pitu

Truk Penambang Pasir Terseret Banjir Lahar Semeru
Jatim Awan

Terjatuh Dari Motor Curiannya, Pelaku Babak Belur Dimassa
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber