Berita Terbaru :
Warga Ramai-Ramai Ajukan BPUM Tahap 2
   

Sedot Duit Debitur Rp 2,1 M Untuk Keperluan Judi, Karyawan BRI Diborgol Jaksa Tipikor
Hukum  Senin, 21-09-2020 | 18:19 wib
Reporter : Tova Pradana
Tersangka RS karyawan BRI Kantor Cabang Pembantu (KCP) Dolopo digelandang oleh jaksa tipikor ke mobil tahanan , untuk menjalani masa tahanan selama 20 hari di Lapas Kejati Jatim .
Madiun pojokpitu.com, Seorang karyawan Bank BRI KCP Dolopo ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi uang debitor milyaran rupiah. Modus operansi yang dilakukan pelaku yakni memanipulasi data buku rekening, dan menyedot uang pinjaman tersebut ke nomor buku rekeningnya untuk keperluan jubi online .

Tersangka RS karyawan BRI Kantor Cabang Pembantu (KCP) Dolopo digelandang oleh jaksa tipikor ke mobil tahanan , untuk menjalani masa tahanan selama 20 hari di Lapas Kejati Jatim . Penetapan tersangka berdasarkan hasil penyidikan oleh Tim Tipikor Kejari Madiun , atas dugaan manipulasi rekening fiktif yang diperbuat oleh pelaku selaku karyawan bank BUMN tersebut sejak tahun 2019 hingga tahun 2019 .

Sebelum ditahan, pelaku sempat menjalani pemeriksaan di ruang tipikor sekitar 4 jam, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Madiun, Agung Mardiwibowo mengatakan, modus operandi pelaku yakni tersangka membuat rekening fiktif dan serta surat kuasa palsu atas nama 11 debitur, tanpa sepengetahuan pemilik rekening, untuk mengelabuhi debiturnya, sehingga dengan mudah uang pinjaman debitur tersebut dialihkan sesuai keinginannya ke rekeningnya pribadi.

Ironisnya, uang milyaran rupiah dari  11 debitur tersebut digunakan oleh pelaku untuk berjudi online. Berdasarkan hasil audit internal dan audit BPKP Provinsi Jawa Timur, ulah pelaku menyebabkan kerugian negara sebesar Rp 2,16 milyar.

Atas perbuatannya, pelaku harus mendekam di penjara selama 20 hari ke depan, tersangka dijerat pasal 2 , 3 dan 8 Undang Undang Tindak Pidana Korupsi dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara . Atas kasus ini jaksa tipikor sudah memeriksa sebanyak 28 saksi.(end)



Berita Terkait

Pegawai BRI Dipecat, Pengembalian Dana Debitur Tidak Jelas

Sedot Duit Debitur Rp 2,1 M Untuk Keperluan Judi, Karyawan BRI Diborgol Jaksa Tipikor

Empat Terdakwa Korupsi BRI Manukan Dituntut Berbeda

Kejari Jebloskan Mantan Pejabat BRI ke Rutan Medaeng
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk, Dua Rumah Petak Ludes Terbakar
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Kafe di Area Alon-Alon Kota Terbakar
Pojok Pitu

Banjir Lahar Ganggu Aktivitas Warga dan Penambang
Jatim Awan

Polisi Amankan 169 Orang Dalam Aksi Demo Lanjutan
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber