Berita Terbaru :
Warga Ramai-Ramai Ajukan BPUM Tahap 2
   

Pendidikan Lanjutan Sejumlah Napi Ikuti Kejar Paket di Rutan
Pendidikan  Rabu, 16-09-2020 | 03:20 wib
Reporter : Wildan Lipu Prasasti
Inilah suasana di ruang kunjungan Rutan Klas Dua B Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang disulap menjadi tempat merdeka belajar bagi para narapidana atau napi. Foto: Wildan Lipu Prasasti
Sumenep pojokpitu.com, Karena didorong akan sadarnya pendidikan, puluhan narapidana di Rutan Klas Dua B Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mengikuti program merdeka belajar, kejar paket. Kegiatan ini dilakasanakan dengan menyulap ruang kunjungan rutan menjadi ruang kelas.

Tampak puluhan napi, laki-laki dan perempuan antusias mengikuti pembelajaran bahasa inggris, yang menjadi salah satu mata pelajaran atau mapel paket C atau setara SMA.

Selain menulis materi, para napi juga antusias saat praktik di masing-masing mapel, tampak satu persatu napi maju ke depan kelas, untuk menjawab pertanyaan dan praktik pembelajaran.

Salah satu napi, Serly, memgaku, senang bisa melanjutkan pendidikan meski berada di dalam rutan, dirinya yang putus sekolah saat kelas dua SMA, berharap kelak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, meskipun sedang berada di balik jeruji.

Sementara, Kepala Rutan Klas 2 Sumenep, Viverdi Anggoro, menyataka,n bahwa kegiatan ini upaya untuk meningkatkan kualitas napi dengan pendidikan, program kerja paket yang digelar sejak satu minggu lalu, merupakan hasil kerjasama pihak rutan dengan dinas pendidikan setempat.

"Tujuannya untuk mengurangi kejenuhan para napi selama di rutan, dan agar para napi tetap mengenyam pendidikan, meskipun berada di balik jeruji besi," kata Viverdi Anggoro, Kepala Rutan Klas 2 B Sumenep.

Di Rutan Klas Dua B Kabupaten Sumenep, Ada tiga kejar paket yang dilaksanakan, diantara kejar paket a sebanyak 12 orang, kejar paket b 15 orang, dan kejar paket c sebanyak 15 orang, dan sebanyak 10 guru yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan,  mengajar sesuai jadwal dan kelompok kejar paket yang telah agendakan, bagi napi yang ingin mengikuti kejar paket, diminta untuk melengkapi data diri seperti KK dan KTP untuk pendataan di Dinas Pendidikan.

Di dalam Rutan Klas Dua B Sumenep Ini, ada sebanyak 287 napi dan tahanan, dan 17 diantara adalah napi perempuan.


Berita Terkait

Pendidikan Lanjutan Sejumlah Napi Ikuti Kejar Paket di Rutan
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk, Dua Rumah Petak Ludes Terbakar
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Kafe di Area Alon-Alon Kota Terbakar
Pojok Pitu

Banjir Lahar Ganggu Aktivitas Warga dan Penambang
Jatim Awan

Polisi Amankan 169 Orang Dalam Aksi Demo Lanjutan
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber