Berita Terbaru :
Kerja Bakti Serentak Bakal Digelar Atasi Sampah Popok Bayi
Ruang SMP Silo Rusak Diterjang Banjir
   

Cari Pemandian Petinggi Kerajaan, BPCB Bakal Gali Situs Sumberbeji Hingga ke Dasar
Pantura  Senin, 14-09-2020 | 04:27 wib
Reporter : Saiful Mualimin
BPCB Jawa Timur melakukan berbagai persiapan ekskavasi tahap dua terhadap situs purbakala Sumberbeji yang berlokasi di Dusun Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro, Jombang. Foto : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur dipastikan akan segera melakukan ekskavasi tahap dua situs Sumberbeji, Jombang. Situs pentirtaan peninggalan Kerajaan Majapahit tersebut, akan digali hingga ke dasar bangunan. Diharapkan dari ekskavasi tahap dua ini bentuk bangunan tempat pemandian petinggi kerajaan terlihat utuh.

BPCB Jawa Timur melakukan berbagai persiapan ekskavasi tahap dua terhadap situs purbakala Sumberbeji yang berlokasi di Dusun Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro, Jombang. Untuk memotret situs secara keseluruhan, BPCB melakukan pengurasan air yang sehari-hari merendam situs.

Posisi situs ini memang berada di dasar air kolam Sumberbeji. Sehingga tanpa menguras air situs tidak tampak.  Kedalaman sumber air berkisar 2 meter memenuhi lokasi situs. Air yang terus mengalir diduga berasal dari aliran sungai di bawah tanah yang hingga kini belum diketahui hulunya.

Zakariya Kasimin, Kepala BPCB Jawa Timur mengatakan, ekskavasi tahap dua akan dimulai bulan Oktober 2020. "Caranya dengan melakukan penggalian di sekitar situs hingga kedalaman yang belum ditentukan. Tujuannya, untuk  mengetahui dasar bangunan sekaligus bentuk asli situs yang ditemukan tahun 2019 kemarin," tuturnya.

Sebelumnya, BPCB Jawa Timur telah melakukan ekskavasi tahap pertama dengan menggali tanah yang menutup seluruh permukaan situs. 

Situs yang merupakan tempat pemandian untuk menyucikan diri bagi petinggi kerajaan ini telah tampak bentuknya, dengan ukuran lebar 20 meter dan panjang  17 meter. Di dalam situs ini juga sempat ditemukan sejumlah jaladwara hingga patung garung yang menempel di dinding secara utuh.(end)



Berita Terkait

Cari Pemandian Petinggi Kerajaan, BPCB Bakal Gali Situs Sumberbeji Hingga ke Dasar
Berita Terpopuler
Ruang SMP Silo Rusak Diterjang Banjir
Peristiwa  3 jam

Kerja Bakti Serentak Bakal Digelar Atasi Sampah Popok Bayi
Peristiwa  1 jam



Cuplikan Berita
Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk, Dua Rumah Petak Ludes Terbakar
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Kafe di Area Alon-Alon Kota Terbakar
Pojok Pitu

Polisi Amankan 169 Orang Dalam Aksi Demo Lanjutan
Jatim Awan

Jelang Unras Omnibus Law, 61 Titik Dijaga Petugas Keamanan Gabungan
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber