Berita Terbaru :
Kreasi di Tengah Pandemi, Mahasiswa Tulungagung Buat Kerajinan Shadow Box Light
Sekda Ponorogo : Rp 200 M Murni Demi Masyarakat, Tidak Ada Kepentingan Politik
Hilangkan Kejenuhan, Siswa Belajar Di Alam Bebas
Tim Gabungan Gelar Operasi Yustisi di Jalur Poros Pantura
Warga Pesisir Jember Tak Terpengaruh Isu Tsunami
   

Benteng Providentia Berubah Nama Menjadi Benteng Belvedere (Bagian 2)
Tempo Doeloe  Selasa, 08-09-2020 | 15:53 wib
Reporter : Nanang Purwono
Lukisan Benteng Belvedere (Asia Maior: Soerabaja 1900 - 1950). Foto: Istimewa
Surabaya pojokpitu.com, Secara geografis Benteng Providentia persis berdiri di tepi barat sungai Kalimas dimana bagian depan benteng langsung menghadap ke arah sungai dan benteng Providentia berada pada jarak sekitar 1 kilometer dari garis pantai yang berada di sebelah utaranya. Meski sudah di pinggir sungai, namun keberadaan benteng providentia masih dilengkapi dengan parit (sungai kecil) yang menggelilingi benteng sebagai bentuk pertahanan. Lebar parit ini sekitar seperempat dari lebar sungai Kalimas. Dengan semakin lengkap utilitas benteng, maka nama benteng yang asalnya bernama Providentia, berganti menjadi Belvedere.


Benteng Belvedere dibangun dalam bentuk (pentagon) dengan struktur tembok tebal dan tinggi. Pada sudut sebelah kiri dan kanan pintu gerbang benteng dibuat dalam bentuk bastion dimana di atasnya ditempatkan beberapa pucuk meriam. Tiga meriam di bastion sebelah kiri dan dihadapkan ke arah sungai dan tiga lainnya ditempatkan pada bastion sebelah kanan. Di setiap bastion, khususnya pada sisi tembok yang menghadap ke utara dan selatan, dibuatkan cekungan untuk menempatkan laras bedil para penjaga. Cekungan pada tembok juga terdapat pada setiap sudut benteng bagian belakang.

Di bagian dalam benteng terdapat lima bangunan bertingkat dua. Begitu memasuki pintu gerbang benteng, maka langsung nampak dua bangunan kembar. Satu di sebelah kiri dan lainnya di sebelah kanan. Jarak antara kedua bangunan ini adalah selebar pintu gerbang benteng (tidak ada data berapa lebar pintu gerbang benteng). Bangunan di sebelah kiri ini adalah Arttillery Vertrek (C) atau Kamar Artileri, tempat penyimpanan dan perawatan persenjataan meriam dan di sebelah kanannya adalah Watg Huys (B) atau Rumah Penjagaan, tempat para tentara VOC mengatur administrasi pertahanan dan keamanan di wilayah Sourabaya dan wilayah pulau Jawa bagian timur.

 

 

Tata ruang benteng Belvedere. A = Gerbang, B, C = Ruang artilery, D = Barak Militer, E = Gudang Misiu, F = Dapur, Gudang Sembako. (Asia Maior). Foto: Istimewa

Selain itu juga terdapat dua bangunan kembar yang lebih besar dan membujur dari timur ke barat. Satu, (E) berada di dekat tembok benteng sebelah selatan dan merupakan Gudang dan Tempat Penyimpanan-Pembuatan Misiu. Gedung ini tidak jauh dari Kamar Artileri karena barang-barang yang berada di dalamnya saling membutuhkan. Yaitu persenjataan artileri dan misiu. Sedangkan satu gedung lainnya (F) adalah Dapur dan Gudang Sembako seperti beras, gula, kopi dan rempah-rempah.

Satu lagi gedung, yang tergolong paling besar dan panjang, yaitu Barak Militer (D). Di tempat inilah para personel militer tinggal. Gedung ini membujur memanjang dari utara ke selatan dan berada dekat dengan tembok benteng sisi barat. Menyimak fungsi setiap gedung yang ada di dalam benteng ini sebagaimana terilustrasikan pada sebuah sketsa yang dibuat tahun 1805, maka benteng ini lebih berfisat sebagai benteng pertahanan dan keamanan terhadap kota Sourabaya yang berkembang di sebelah selatannya. (yos)


Berita Terkait

Warga Temukan Tumpukan Batu Bata Mirip Benteng Jaman Dahulu

Benteng Providentia Berubah Nama Menjadi Benteng Belvedere (Bagian 2)

Benteng Belanda Itu Awalnya Bernama Providentia (Bagian 1)

Benteng Kedung Cowek Resmi Menjadi Bangunan Cagar Budaya
Berita Terpopuler
Warga Pesisir Jember Tak Terpengaruh Isu Tsunami
Peristiwa  5 jam

Hilangkan Kejenuhan, Siswa Belajar Di Alam Bebas
Pendidikan  3 jam

Tim Gabungan Gelar Operasi Yustisi di Jalur Poros Pantura
Peristiwa  4 jam



Cuplikan Berita
Viral Danramil dan Anggota Bubarkan Orkes Hajatan
Pojok Pitu

Janji Datangkan Samurai 500 M, Korban Justru Tertipu Rp 18 M
Pojok Pitu

Hingga Malam Hari Bukit Bentar Terbakar, Petugas Masih Lakukan Pemadaman Manual
Jatim Awan

Kebakaran Gudang Margomulyo, Tiga Isi Gudang Ludes Dilalap Api
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber