Berita Terbaru :
Kerja Bakti Serentak Bakal Digelar Atasi Sampah Popok Bayi
Ruang SMP Silo Rusak Diterjang Banjir
   

Puluhan Ribu Petani Terancam Tidak Bisa Mendapatkan Pupuk Bersubsidi
Mataraman  Sabtu, 29-08-2020 | 05:30 wib
Reporter : Tova Pradana
Rapat dengar pendapat yang digelar oleh Komisi B DPRD Kabupaten Madiun bersama mitranya Dinas Pertanian dan Perikanan, KTNA dan pihak distributor pupuk. Foto : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Puluhan ribu petani di Kabupaten Madiun terancam kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi. Karena dari 72.000 data petani di Kabupaten Madiun, baru 155 yang memiliki kartu tani. DPRD Kabupaten Madiun pun langsung menggelar hearing dengan dinas terkait.

Rapat dengar pendapat yang digelar oleh Komisi B DPRD Kabupaten Madiun bersama mitranya Dinas Pertanian dan Perikanan, KTNA dan pihak distributor pupuk. Dalam rapat tersebut, mencuat angka 155 petani yang baru mendapatkan kartu tani dari Bank BUMN. Sedangkan sesuai data tercatat petani di Kabupaten Madiun berjumlah sebanyak 72 ribu petani.

Sehingga puluhan ribu petani yang belum mendapatkan kartu tani saat ini cemas, karena mereka dipastikan tidak akan bisa mendapatkan pupuk bersubsidi.

"Sesuai keputusan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan nomor 491, setiap petani yang ingin membeli pupuk bersubsidi harus membayar menggunakan kartu tani. Jika tak memiliki kartu tani, penjual pupuk bersubsidi tak bisa melayani permintaan petani," kata Suharno, Ketua KTNA Kabupaten Madiun.

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Madiun, Wahyu Widayat meminta, pemerintah daerah melayangkan surat kepada pemerintah pusat untuk percepatan pembuatan kartu tani agar segera terdistribusikan. Jika nanti pada awal September kartu tani tidak bisa terealisasi untuk 72.000 petani, pihak DPRD akan mendorong kepada pemerintah untuk menunda pemberlakuaan kebijakan per 1 September.

Diketahui saat ini petani di Kabupaten Madiun telah memasuki masa tanam kedua, sehingga masa seperti ini mereka sangat bergantung pada pupuk subsidi untuk peningkatan produktifitas tanaman.(end)



Berita Terkait

Pembelian Pupuk Bersubsidi Harus Menggunakan Kartu Tani

Puluhan Ribu Petani Terancam Tidak Bisa Mendapatkan Pupuk Bersubsidi

Kuota Pupuk Bersubsidi Hanya 44 Persen Dari Kebutuhan Petani

Pupuk Bersubsidi Masih Langka di Kalangan Petani
Berita Terpopuler
Ruang SMP Silo Rusak Diterjang Banjir
Peristiwa  3 jam

Kerja Bakti Serentak Bakal Digelar Atasi Sampah Popok Bayi
Peristiwa  1 jam



Cuplikan Berita
Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk, Dua Rumah Petak Ludes Terbakar
Pojok Pitu

Diduga Korsleting Listrik, Dua Kafe di Area Alon-Alon Kota Terbakar
Pojok Pitu

Polisi Amankan 169 Orang Dalam Aksi Demo Lanjutan
Jatim Awan

Jelang Unras Omnibus Law, 61 Titik Dijaga Petugas Keamanan Gabungan
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber