Berita Terbaru :
Bekali Karyawan Keahlian Bela Diri, Balmon Buat Dojo Kempo
Mengenal Dua Ulama Besar Pendiri NU dan Muhamadiyah Melalui Film
Machfud Arifin-Mujiaman Ajak Warga Surabaya Perangi Kecurangan di Pilwali
Ujian Hafalan Al-Quran di Tengah Pandemi
LSM LKHPI Bertekad Pecahkan Persoalan Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik
KPU Surabaya Gelar Deklarasi Kampanye Damai
Pemkot Surabaya Kembali Lakukan Rapid Tes di Tempat
Ratusan Taruna-Taruni Ikuti Pelayaran Ke Pulau Terluar
Anjlok, Harga Sayur di Lumajang
Kepepet Biaya Nikah, Pemuda Asal Kupang Ini Bobol Toko
Sepuluh Tahun Bupati Sambari Mengabdi, Banyak Pembangunan Monumental di Kabupaten Gresik
Pernyataan Sikap atas Keputusan Presiden Mengangkat Eks Anggota Tim Mawar di Kementerian Pertahanan
Bermain Judi Online 5 Warga Diamankan
Seorang Gadis di Bawah Umur Digilir Tujuh Pemuda
Langgar Protokol Kesehatan Polisi Bubarkan Kegiatan Lomba Layangan
   

Prinsip ATM Untuk Remaja Sedang Tumbuh Kembang
Konsultasi Psikologi  Selasa, 04-08-2020 | 00:13 wib
Reporter :
ILUSTRASI. Anak-anak yang melakukan kenakalan tersebut biasanya tidak bisa mengontrol kondisi emosinya. Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku. Foto dok pojokpitu.com
Surabaya pojokpitu.com, Rublik Konsultasi Pengembangan Diri pojokpitu.com untuk memberikan pelayanan bantuan bagi semua orang yang membutuhkan solusi. Terutama untuk pengembangan kepribadian serta dampak psikologis lain, akibat peristiwa kekerasan, konflik, bencana alam, dampak penyakit dan pengalaman traumatis. Rublik Konsultasi Pengembangan Diri ini terbuka, materi kasus/naskah dikirim melalui email pojokpitu@yahoo.com.

Pertanyaan,

Konon setiap anak yang lahir pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Saat tumbuh berkembang akan mengalami proses penentuan. Terutama bagi anak yang memasuki masa puber. Pencarian identitas jati diri bisa menuju sukses atau justru gagal dalam masa depannya.

Salah satunya saya, kenapa diumur setelah SMA sekitar 18 tahun ke atas ini, merasa banyak beban pikiran mengenai hidup. Tidak jarang saya menemui pilihan-pilihan atas saran dari banyak pihak, yang katanya bisa menuju sukses itu. Namun atas pilihan itu, saya semakin menjadi labil dan semakin enggan untuk memulai tindakan.

- Apa memang fase seperti ini juga dialami setiap orang?
- Bagaimana kunci sukses berprestasi itu?
- Seperti apa inspiratif yang dapat memberikan energi positif bagi seumuran saya?


Dari Debora Dina (dinarahayu_2004@gmail.com)

Jawaban:

Hai saudari Debora Dina, terima kasih telah bersedia mengajukan pertanyaan pada kami. Bila melihat usia saudari, maka saudari sedang berada di tahap akhir remaja dan mulai memasuki masa dewasa awal. Di masa-masa ini, sesuai dengan yang saudari sampaikan akan terjadi proses-proses pencarian jati diri.

Dalam memilih jati diri yang dapat mengoptimalkan potensi kita, memang seringkali membingungkan karena banyaknya pilihan di luar sana. Maka pastikan selama berada di proses ini, saudari didampingi oleh orang dewasa yang dapat dipercaya kredibiltasnya sebagai kawan berdiskusi mengenai baik buruk suatu hal. Tentu saja, saudari diperbolehkan untuk mengamati berbagai macam sumber yang dapat dijadikan sumber inspirasi bagi jati diri anda, namun begitu jangan lupa untuk tetap sesuaikan dengan kepribadian yang anda punya ya..

Dalam proses ini anda juga dapat melakukan prinsip ATM yaitu amati, tiru dan modifikasi sesuai dengan kondisi yang ada. Setelah itu, cobalah untuk jujur dan menerima diri anda secara utuh, termasuk kelebihan dan kekurangan yang ada. Menerima diri sendiri adalah pintu agar kita merasa secure atau aman yang sekaligus dapat menjadi bekal bagi kita untuk menerima kondisi di luar kita yang tak selalu sempurna dan sama dengan kita.

Terkait dengan kunci sukses yang anda tanyakan, maka ada baiknya anda perlu mendefinisikan sukses versi anda seperti apa. Karena pada dasarnya, setiap orang memiliki definisi sukses masing-masing. Ada yang merasa sukses saat dia berprestasi di bidang akademik, ada yang merasa sukses saat mampu memiliki usaha sendiri, ada yang merasa sukses saat mampu membahagiakan orang tua, ada pula yang merasa sukses saat mampu membuka lapangan pekerjaan bagi sesama. Dan semua itu baik dan sah-sah saja. Namun yang pasti, setiap definisi sukses pasti membutuhkan kompetensi tertentu untuk dipenuhi, maka penting bagi anda untuk mengasah dan menguasai kompetensi itu agar anda menjadi ahli di bidang tersebut. Selain itu pastikan anda memiliki support system yang akan mendukung langkah anda, menjadi tempat diskusi anda, dan tempat pulang ketika sesekali anda merasa lelah.

Usia anda yang relatif muda seperti saat ini sebenarnya adalah masa bagi anda untuk bertumbuh dan berkembang. Setiap pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan waktu dan proses yang tidak sebentar dan tidak selalu mudah, maka usahakan anda memiliki ketangguhan di masa ini, sesekali mungkin terasa melelahkan, tak apa istirahatlah tapi pastikan anda segera bangkit dan memulai lagi. Di sisi lain, meski proses tidak selalu mudah namun jangan lupa untuk tetap bahagia di sepanjang proses perjalanan ini. Karena proses bertumbuh dan berkembangnya seseorang bukanlah perlombaan, tidak perlu merasa bersedih bila medanmu berbeda dengan orang-orang di sekitarmu. Because a flower does not think of competing with the flower next to it, it just blooms. (pul)


Selamat berproses dan berbahagia.
Salam,

Narasumber : Sayidah Aulia ul Haque, M.Psi., Psikolog


Berita Terkait

Cara Menumbuhkan Bakat Anak di Usia Sekolah

Bingung Pilih Antara PNS atau Pengusaha

Jika Pimpinan Manfaatkan Anak Buahnya

Ada Dua Pilihan Yang Meragukan, Saya Pilih Mana
Berita Terpopuler
Karbak TNI, Santri Mendapatkan Pelajaran Kedisiplinan dan Budidaya Udang Vaname
Peristiwa  22 jam

Langgar Protokol Kesehatan Polisi Bubarkan Kegiatan Lomba Layangan
Peristiwa  7 jam

Selain di Ngawi, Warga Madiun Juga Jadi Korban Sasaran Peredaran Upal
Peristiwa  21 jam

LSM LKHPI Bertekad Pecahkan Persoalan Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik
Opini  4 jam



Cuplikan Berita
Janji Datangkan Samurai 500 M, Korban Justru Tertipu Rp 18 M
Pojok Pitu

Diduga Akibat Puntung Rokok Dibuang Sembarangan, Savana Kawah Wurung Terbakar
Pojok Pitu

Hingga Malam Hari Bukit Bentar Terbakar, Petugas Masih Lakukan Pemadaman Manual
Jatim Awan

Kebakaran Gudang Margomulyo, Tiga Isi Gudang Ludes Dilalap Api
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber