Berita Terbaru :
Bekali Karyawan Keahlian Bela Diri, Balmon Buat Dojo Kempo
Mengenal Dua Ulama Besar Pendiri NU dan Muhamadiyah Melalui Film
Machfud Arifin-Mujiaman Ajak Warga Surabaya Perangi Kecurangan di Pilwali
Ujian Hafalan Al-Quran di Tengah Pandemi
LSM LKHPI Bertekad Pecahkan Persoalan Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik
KPU Surabaya Gelar Deklarasi Kampanye Damai
Pemkot Surabaya Kembali Lakukan Rapid Tes di Tempat
Ratusan Taruna-Taruni Ikuti Pelayaran Ke Pulau Terluar
Anjlok, Harga Sayur di Lumajang
Kepepet Biaya Nikah, Pemuda Asal Kupang Ini Bobol Toko
Sepuluh Tahun Bupati Sambari Mengabdi, Banyak Pembangunan Monumental di Kabupaten Gresik
Pernyataan Sikap atas Keputusan Presiden Mengangkat Eks Anggota Tim Mawar di Kementerian Pertahanan
Bermain Judi Online 5 Warga Diamankan
Seorang Gadis di Bawah Umur Digilir Tujuh Pemuda
Langgar Protokol Kesehatan Polisi Bubarkan Kegiatan Lomba Layangan
   

Yayasan Harfin Gosari gelar Shalat Idul Adha dan Bagikan 5 Ton Daging Kurban
Metropolis  Senin, 03-08-2020 | 12:18 wib
Reporter : Ahmad Ramadhan
Foto Istimewa
Gresik pojokpitu.com, Yayasan Harfin Gosari bersama Pengurus Masjid Akbar Moedhar Arifin menggelar shalat Idul Adha 1441 H pada tanggal 31 Juli 2020. Shalat Id digelar di lapangan Helipad komplek Masjid Akbar Moedhar Arifin, di Desa Wedang, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik.

Shalat Id yang dimulai pukul 06.10 wib dihadiri keluarga besar PT Polowijo Gosari Group dan masyarakat sekitar. Diantara para jamaah hadir pula penerus dan pimpinan perusahaan Polowijo Gosari Group,diantaranya Charis Arifin, Harmawan Jeffrivan, Deddy Harnoko Sucahyo, dan Rizal Suryanto. Tampak pula Hajah Komariah, istri Almarhum H. Moedhar Syah, salah satu pendiri PT Polowijo Gosari Group.

Pelaksanaan shalat Id 1441 H dilakukan secara terbatas. Panitia membatasi jumlah jamaah shalat Id karena saat ini situasi pandemi covid-19 masih berlangsung. Para jamaah telah didaftar sebelumnya oleh panitia sholat Idul Adha Masjid Akbar Moedhar Arifin. Panitia juga menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Jamaah shalat Id wajib memakai masker dan diperiksa suhu tubuhnya sebelum memasuki lapangan shalat Id. Panitia juga mengatur jarak antar jamaah sekitar satu meter.


Bagi keluarga besar Yayasan Harfin Gosari, Pengurus Masjid Akbar Moedhar Arifin, dan PT Polowijo Gosari Group, hari raya Idul Adha kali ini bukan hanya berbeda karena situasi pandemi. Lebih dari itu, mereka masih dalam suasana duka karena baru saja ditinggalkan pendiri PT Polowijo Gosari Group, H. Achmad Jauhar Arifin. Sosok pengusaha yang memiliki jiwa sosial yang tinggi tersebut tutup usia pada hari minggu 26 Juli 2020, di Surabaya dan dimakamkan di pemakaman keluarga di Desa Gosari, Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik
 
Sebelum pelaksanaan shalat Id, Dedy Harnoko Sucahyo, CEO PT Polowijo Gosari Group menyampaikan sambutan mewakili keluarga. Pria yang akrab disapa Koko memohon kepada jamaah yang hadir untuk memaafkan almarhum jika semasa hidupnya ada kesalahan. Disisi lain, Koko juga mengapresiasi antusiasme jamaah shalat Id di komplek Masjid Akbar Moedhar Arifin.

"Alhamdulillah, sejak pagi antusias jamaah luar biasa, sehingga kita berdoa bisa berdoa untuk almarhum Haji Achmad Djauhar Arifin. Insya Allah amal ibadah beliau menghapus dosa-dosanya dan beliau husnul khotimah. Alhamdulillah, tahun ini (suasananya) lebih semarak, karena masjidnya telah rampung seratus persen," jelas Koko.

Bertindak sebagai Imam untuk Sholat Idul Adha 1441 H adalah Fatchan Anwar. Sedangkan yang menjadi Khatib adalah Dr. Suyoto, M.Si, mantan Bupati Bojonegoro. Dalam khutbahnya, tokoh masyarakat yang akrab disapa Kang Yoto menyampaikan pelajaran penting yang bisa dipetik dari pengorbanan Nabi Ibrahim kala menghadapi situasi sulit. Menurut Kang Nyoto, dalam situasi sulit, seperti di masa pandemi covid-19 saat ini, manusia memerlukan tiga pelajaran Ibrahim, yakni alwa’yus sahsi atau kesadaran diri, Awa’yul ijtimal atau kesadaran social, dan Amal Sholeh.

"Mari bermuhasabah dan bercermin pada Ibrahim dan mari buktikan dalam karya amal sholeh dalam kehidupan nyata ini. Mari mengenang amal kebajikan dan segala cita-cita mulia Almarhum Bapak Djauhar Arifin. Mudah-mudahan beliau khusnul khotimah. Semoga kita semua sukses beramal sholeh sepanjang hayat di kandung badan", tutur  Kang Nyoto mengakhiri khutbahnya.

Sesuai shalat Idul Adha, pengurus Yayasan Harfin Gosari membagikan Door Prize kepada jamaah yang datang. Ada tiga jamaah yang beruntung yang terpilih melalui undian kupon yang telah dibagikan sebelumnya. Masing-masing jamaah yang yang beruntung mendapatkan Televisi, Lemari Es, dan hadiah utama satu unit Sepeda Motor.

Momen kebahagian ini berlanjut pada keesokan harinya, sabtu 1 Agustus 2020, saat penyembelihan hewan kurban. Pada Hari Raya Idul Adha 1441 H, Yayasan Harfin Gosari menyembelih hewan kurban sebanyak 35 ekor. Rinciannya 32 ekor sapi dan 3 ekor kambing dengan perkiraan total daging mencapai 5 ton.  Daging kurban tersebut dibagikan langsung ke rumah 5128 warga penerima yang tersebar di 23 desa di wilayah 4 kecamatan yakni Sidayu, Dukun, Panceng, dan Ujung Pangkah. (pul)


Berita Terkait

Yayasan Harfin Gosari gelar Shalat Idul Adha dan Bagikan 5 Ton Daging Kurban
Berita Terpopuler
Karbak TNI, Santri Mendapatkan Pelajaran Kedisiplinan dan Budidaya Udang Vaname
Peristiwa  21 jam

Langgar Protokol Kesehatan Polisi Bubarkan Kegiatan Lomba Layangan
Peristiwa  7 jam

Selain di Ngawi, Warga Madiun Juga Jadi Korban Sasaran Peredaran Upal
Peristiwa  20 jam

LSM LKHPI Bertekad Pecahkan Persoalan Hukum, Ekonomi, Sosial dan Politik
Opini  3 jam



Cuplikan Berita
Janji Datangkan Samurai 500 M, Korban Justru Tertipu Rp 18 M
Pojok Pitu

Diduga Akibat Puntung Rokok Dibuang Sembarangan, Savana Kawah Wurung Terbakar
Pojok Pitu

Hingga Malam Hari Bukit Bentar Terbakar, Petugas Masih Lakukan Pemadaman Manual
Jatim Awan

Kebakaran Gudang Margomulyo, Tiga Isi Gudang Ludes Dilalap Api
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber