Berita Terbaru :
Mendagri Bilang Ada Kepala Daerah Yang Tidak Serius Tangani Covid-19
   

Jamaah Aboge Baru Gelar Sholat Idul Adha Sabtu Pagi Ini
Tapal Kuda Dan Madura  Sabtu, 01-08-2020 | 11:44 wib
Reporter : Farid Fahlevi
Di Probolinggo ada sekitar 7 desa, di 4 kecamatan, diantaranya Kacamatan Leces, Dringu, Bantaran, dan Kuripan yang mengikuti Jamaah Aboge. Meski ada perbedaan, namun kerukunan tetap terjaga dengan baik.
Probolinggo pojokpitu.com, Ratusan jamaah aboge yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo, baru melaksanakan shalat idul adha 1441 hijriah, pada Sabtu (1/8) pagi ini.

Jamaah aboge tersebar di empat kecamatan, salah satunya di Desa Leces, Kecamatan Leces. Sejak pagi jamaah bersiap melaksanakan sholat idul adha yang akan dilaksanakan tepat pukul 06.00 Wib  di Mushola Al Barokah. Seperti shalat ied pada umumnya, pada rakaat pertama tujuh kali takbir dan rakaat kedua lima kali takbir.

Menurut Kyai Buri Bariyah, Tokoh Aboge setempat, berpedoman pada Kitab Mujarobah, atau Kitab Jawa Kuno. Berkeyakinan hari raya idul adha akan jatuh pada hari Sabtu Wage.

"Untuk tahun ini, perhitungan lebaran idul adha adalah Ja-Pat-Ji, bulan Dzulhijah atau bulan besar hari ke 4, pasaran 1. Jadi hari raya idul adha 1441 hijriah jatuh pada hari Sabtu Wage," kata Kiai Buri Bariyah.

Seusai menggelar sholat idul adha, acara dilanjutkan dengan saling bermaaf-maafan antar warga dan makan tumpeng bersama yang dibawa dari rumah masing-masing. Acara terebut sekaligus sebagai wujud kerukunan antar warga.

Perhitungan aboge tidak selalu sama dengan perhitungan pemerintah yang jatuh pada hari umat kemarin. Pada hari raya idul adha tahun ini, doa dikhususkan untuk kesehatan umat khususnya rakyat Indonesia agar terbebas dari virus corona. (pul)


 


Berita Terkait

Jamaah Aboge Baru Gelar Sholat Idul Adha Sabtu Pagi Ini

Hari Ini Jamaah Aboge Probolinggo Baru Puasa

Jamaah Aboge Baru Berpuasa Pada Hari Selasa Besok

Jamaah Aboge Menggelar Sholat Idul Adha Hari Ini
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Karyawan Toko Tipu Korban dan Gelapkan Ribuan Lpg
Jatim Awan

Sebanyak 65 Guru SMP di Surabaya Reaktif
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber